Dishub DIY intensifkan ‘ramp check” bus wisata ketika libur Lebaran 2024

Bisnis57 Dilihat

IDN Bisnis Pemeriksaan akan kami lakukan di dalam halaman parkir serta pintu masuk destinasi wisata.

Yogyakarta – Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dishub DIY) akan mengintensifkan pelaksanaan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) pada armada bus pariwisata selama libur Lebaran 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dishub DIY Sumariyoto pada waktu dihubungi dalam Yogyakarta, Selasa, menyatakan ramp check digencarkan antara lain untuk mengurangi kecelakaan bus pariwisata seperti yang mana terjadi di dalam kawasan Bukit Bego, Bantul berulang.

"Pemeriksaan akan kami lakukan di area halaman parkir juga pintu masuk destinasi wisata," kata Sumariyoto.

Menurut dia, pemeriksaan bus pariwisata sama-sama Dinas Perhubungan di area lima kabupaten/kota, antara lain mencakup kelengkapan perizinan yang dimaksud dimiliki bus, masa uji KIR, hingga kondisi fisik seperti wiper dan lampu.

Dishub DIY, kata Sumariyoto, tak akan menerapkan sanksi jikalau ditemukan pelanggaran administrasi maupun teknis di pemeriksaan itu.

"Untuk sanksi kami tak melakukan teristimewa pada pada waktu mudik Lebaran. Kami hanya saja kasih peringatan keras saja, kemudian kami edukasi penumpangnya," kata dia.

Sumariyoto menekankan bahwa semestinya tak ada lagi alasan PO bus tidaklah melakukan uji KIR, sebab pada waktu ini seluruh prosesnya dipastikan gratis.

"Kalau bilang enggak punya KIR bisa saja dipastikan kendaraannya tiada layak. Karena tak layak maka ketika diuji bukan lulus," kata dia.

Untuk menghindari bus pariwisata yang mana bermasalah baik perizinan maupun keamanannya, menurut Sumariyoto, calon penumpang dapat mengecek melalui program MitraDarat.

Selain bus pariwisata, Dishub DIY juga menyelenggarakan ramp check pada bus reguler di kota maupun bus Antar Perkotaan Antar Provinsi (AKAP) mendekati arus mudik Lebaran 2024 sejak awal Maret 2024.

"Kami menyasar pada Terminal Giwangan, Jombor, Wates, kemudian Terminal Dakshirnaga. Di pool juga ada (pemeriksaan)," kata beliau lagi.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *