Dishub Lampung: Pelabuhan Panjang jadi alternatif mudik

Bisnis10 Dilihat

IDN Bisnis Bandarlampung – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung menyatakan bahwa Pelabuhan Panjang tetap memperlihatkan akan digunakan sebagai alternatif penyeberangan pada mudik Lebaran 2024.

"Ada sedikit inovasi terkait skema penyeberangan pada periode mudik Lebaran 2024, dimana Pelabuhan Panjang tetap memperlihatkan diharapkan dapat beroperasi sebagai alternatif penyeberangan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo dalam Bandarlampung, Selasa.

Ia menyatakan rencana tetap saja akan digunakan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif penyeberangan bagi pengguna kendaraan beroda dua motor dari Pelabuhan Ciwandan yang dimaksud berada pada Cilegon pada mudik Lebaran 2024 ini diadakan untuk memperlancar arus mudik.

"Memang sekarang masih terus pada rapatkan dengan Dirjen Perhubungan Laut, kemudian dengan adanya Pelabuhan Panjang ini dapat membantu rakyat oleh sebab itu miliki jarak tempuh yang mana lebih banyak singkat dari pada dalam Pelabuhan Bakauheni," katanya.

Dia menjelaskan jarak tempuh yang digunakan singkat dari Pelabuhan Ciwandan- Pelabuhan Panjang kemudian dengan pusat Daerah Perkotaan Bandarlampung dirasa cukup aman bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

"Jadi pelayanan dalam Pelabuhan Panjang ini bisa jadi digunakan supaya tak terfokus pada Pelabuhan Bakauheni, terlebih lagi kalau pemudik motor sejumlah aspek yang dimaksud harus diperhatikan seperti keselamatan, kemacetan kalau harus melakukan perjalanan cukup jarak jauh dari Bakauheni oleh sebab itu butuh 100 kilometer untuk sampai ke Daerah Perkotaan Bandarlampung," ucap dia.

Ia melanjutkan bila kapal milik Pelni belum dapat memberikan pelayanan pada waktu mudik dalam Pelabuhan Panjang, maka akan ada opsi menggunakan kapal kecil milik ASDP yang mana belum digunakan.

"Tadi pagi sudah ada melakukan gelar kejuaraan operasi dalam posko di tempat KSOP untuk persiapan, serta berdasarkan informasi awal kalau dari Pelabuhan Ciwandan-Pelabuhan Panjang bukan bisa saja pakai kapal Pelni akan menggunakan kapal kecil milik ASDP yang digunakan bukan dipakai. Sedangkan untuk total kapal yang mana akan digunakan akan di area rapatkan kembali," tambahnya

Menurut dia, dengan dioptimalkannya semua dermaga di area Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Panjang dikombinasikan dengan Pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan BBJ Bojanegara, dan juga Pelabuhan Ciwandan maka kapasitas untuk menampung pemudik akan lebih besar sejumlah sehingga pelayanan akan berjalan dengan maksimal.

"Untuk skema pembelian tiket masih dikoordinasikan kembali, tapi diharapkan bisa saja ada subsidi seperti tahun sebelumnya," ujar dia.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *