Diskop UKM Sumut: Pujian Presiden motivator naikkan kualitas kemasan

Bisnis4 Dilihat

IDN Bisnis Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berbuat demi mengembangkan produk-produk UMKM agar lebih banyak berkualitas

Medan – Dinas Koperasi Usaha Kecil juga Menengah (Diskop UKM) Sumatera Utara menyebutkan pujian dari Presiden Joko Widodo menjadi motivator untuk pihaknya untuk terus meninggikan kualitas kemasan komoditas UMKM di tempat wilayahnya.

"Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berbuat demi mengembangkan produk-produk UMKM agar tambahan berkualitas," ujar Kepala Diskop UKM Sumut Naslindo Sirait pada Medan, Jumat.

Pujian dari Presiden Joko Widodo untuk kemasan hasil UMKM Sumut disampaikan pada waktu bersilaturahmi dengan pelaku UMKM yang tersebut menjadi bagian dari acara Membina Perekonomian Keluarga Sejahtera (Mekaar) oleh Permodalan Nasional Madani dalam Wilayah Batu Bara, Sumut, Rabu (7/2).

Ketika itu, Presiden Joko Widodo menyebutkan item UMKM Sumut bagus dan juga layak mendapatkan acungan jempol.

"Saya senang produk-produk dalam Sumut 'packaging' kemasannya telah bagus-bagus. Sumatera Utara, saya acungi jempol untuk urusan kemasan," kata Presiden.

Menanggapi orang nomor satu di dalam Indonesia itu, Naslindo menilai wajar apabila Presiden menyoroti kemasan oleh sebab itu hal itu memang sebenarnya penting untuk item UMKM.

Aspek kemasan atau pembungkus ini, menurut Naslindo, menjadi salah satu aspek vital agar produk-produk UMKM Sumut mampu bersaing.

"Dalam ilmu 'marketing' (pemasaran), hasil itu harus menarik agar orang membeli. Akan tetapi, jangan dilupakan pula isinya. Kualitasnya mesti baik pula," tutur dia.

Untuk itu, Naslindo mengimbau semua UMKM di area Sumut untuk memperhatikan benar-benar aspek kemasan produknya.

Dia meminta-minta UMKM di tempat Sumut untuk memanfaatkan keberadaan Rumah Kemasan yang mana ada di tempat provinsi tersebut.

"Rumah Kemasan ini ada di tempat Medan, Daerah Batu Bara kemudian wilayah lain. Ini adalah harus dioptimalkan supaya kemasan, 'branding' produknya semakin baik," ujar Naslindo.

Pemprov Sumut mencatatkan jumlah agregat pelaku bidang usaha dalam wilayahnya yaitu 1.166.918, dalam mana 98,87 persen atau 1.153.758 pelaku bisnis berstatus perniagaan mikro kemudian kecil. Sebanyak 1,12 persen atau 13.610 merupakan usaha menengah kemudian besar.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *