Dispar targetkan Rp1,7 miliar PAD Sabang dari sektor pariwisata 

Market22 Dilihat

Target yang tersebut membesar yang dimaksud merupakan hasil perhitungan kemungkinan kunjungan wisatawan pada turnamen PON XXI juga

Banda Aceh – Dinas Peluang Usaha Pariwisata Daerah Perkotaan Sabang berusaha mencapai Rp1,7 miliar capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata pada tempat itu pada 2024, kemudian optimistis target yang dimaksud akan tercapai mengingat adanya kesempatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh pada September mendatang.

“Target yang mana tinggi yang disebutkan merupakan hasil perhitungan prospek kunjungan wisatawan pada kompetisi PON XXI juga,” kata Plt Kepala Dinas Perjalanan Sabang Syamsurizal ke Daerah Perkotaan Sabang, Senin.

Ia menjelaskan target Rp1,7 miliar PAD sektor pariwisata Sabang pada tahun ini terbagi meliputi Rp1,1 miliar bersumber dari hasil retribusi pariwisata, sementara sisanya sekitar Rp530 jt merupakan hasil penyewaan aset-aset Pemkot Sabang di kuasa dinas pariwisata.

“Adapun realisasi PAD dari target yang dimaksud baru mencapai sekitar Rp170 juta,” katanya.

Dispar Sabang optimistis target PAD dari sektor pariwisata yang disebutkan dapat tercapai. Sebab itu, pihaknya sebagai salah satu tuan rumah tempat pertandingan cabang olahraga (cabor) PON XXI Aceh-Sumut pada 8-20 September 2024 untuk terus mempersiapkan diri.

“Tentunya dengan melatih para pelaku sumber daya manusia pariwisata serta mengupayakan infrastruktur sarana prasarana pendukung pariwisata dengan baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Pj Wali Perkotaan Sabang Reza Fahlevi juga mengundang pelaku wisata kompak tingkatkan persiapan guna wujudkan Pulau Weh jadi destinasi wisata naik kelas pada menyambut PON XXI.

"Yang paling penting adalah teman-teman pelaku wisata semua sebagai satu ekosistem pariwisata ke Sabang ini kompak, saling mengenal kemudian bekerjasama, sehingga Sabang berubah jadi destinasi yang mana sanggup naik kelas," kata Reza.

Ia menginginkan Sabang naik kelas, sehingga mampu meraih kunjungan wisatawan yang mana lebih besar berkualitas juga memberikan faedah yang mana besar.

“Salah satu upayanya adalah meningkatkan standar juga kualitas pelayanan. Apalagi ke depan di waktu yang singkat ini, kurang lebih tinggi 100 hari lagi, kita menjadi tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut 2024," ujarnya.

Ada tiga cabor pada PON XXI berlaga Sabang, yaitu cabor aeromodelling yang tersebut dilaksanakan di dalam Bandara Maimun Saleh lalu Stadion Sabang Merauke, cabor selam akan dijalankan pada Dermaga CT 1 BPKS, lalu cabor Korfball atau bola keranjang ke GOR Merah Putih.

Artikel ini disadur dari Dispar targetkan Rp1,7 miliar PAD Sabang dari sektor pariwisata 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *