Distan Mataram datangkan 263 ton daging beku untuk Lebaran 2024

Bisnis30 Dilihat

IDN Bisnis Insya Allah keperluan daging baik daging segar serta beku pada Mataram aman hingga lebaran.

Mataram – Dinas Pertanian Daerah Perkotaan Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengeluarkan rekomendasi mendatangkan 263 ton daging beku untuk memenuhi keperluan selama Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

Kepala Sektor (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Perkotaan Mataram Hj Raihul Jannah di dalam Mataram, Selasa, mengatakan, sebanyak 263 ton daging beku itu terdiri berhadapan dengan 30 ton daging sapi, 61 ton daging kerbau, serta 173 ton daging ayam.

"Insya Allah keperluan daging baik daging segar kemudian beku dalam Mataram aman hingga lebaran," katanya.

Dia berharap, dengan terjaminnya ketersediaan stok daging segar dan juga daging beku pada Pusat Kota Mataram, publik diharapkan tak "panic buying'. "Masyarakat mampu membeli daging sesuai kebutuhan, tidaklah berlebih," katanya.

Menurutnya, keinginan daging segar pada Pusat Kota Mataram selama Ramadhan ini terus mengalami peningkatan seiring dengan peningkatan pola konsumsi warga selama bulan puasa.

Pengembangan itu dapat dilihat dari pemotongan sapi dalam dua rumah potong hewan (RPH) dalam Daerah Perkotaan Mataram yakni RPH Majeluk kemudian Gubuk Mamben Sekarbela."Dari dua RPH yang dimaksud pemotongan sapi pada RPH Gubuk Mamben terus-menerus lebih tinggi tinggi dibandingkan RPH Majeluk, bahkan bisa jadi dua kali lipat," katanya.

Informasi terakhir misalnya pada 26 Maret 2024, pemotongan sapi di tempat RPH Majeluk sebanyak 12 ekor, sementara di area RPH Gubuk Mamben tercatat 21 ekor.

Begitu dengan hari-hari sebelumnya, pada 20 Maret pemotongan sapi di tempat RPH Majeluk tercatat 13 ekor, tapi di dalam RPH Gubuk Mamben mencapai 25 ekor.

Saat menyambut Nyepi Tahun Baru Saka 1946 lalu menyambut Ramadhan pada 11 Maret pemotongan sapi tercatat sebanyak 59 ekor. Dengan rincian pemotongan sapi di area RPH Majeluk sebanyak 25 ekor serta dalam RPH Gubuk Mamben tercatat 34 ekor.

"Kondisi ini terjadi lantaran memang sebenarnya para jagal kemudian pengusaha perusahaan di tempat Gubuk Mamben tambahan berbagai dibandingkan di area kawasan Majeluk," katanya.

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *