DPKP: Hasil tani-peternakan Biak pasok keperluan warga antarkabupaten

Finansial76 Dilihat

IDN Bisnis Pertanian, peternakan kemudian perikanan menjadi peluang lokal yang mana dapat diandalkan meningkatkan perekonomian warga kampung.

Biak – Dinas Pertanian Wilayah Biak Numfor, Papua mengumumkan hasil produksi pertanian peternakan juga perikanan usaha kelompok tani nelayan Orang Asli Papua (OAP) telah mampu memenuhi pasokan keperluan warga antarkabupaten tetangga Teluk Cenderawasih.

"Sekitar 70 persen permintaan pokok warga dalam Wilayah Waropen, Yapen Kepulauan, lalu Supiori sudah ada dikirim kelompok tani pada Biak," kata Kepala Dinas Pertanian serta Ketahanan Pangan Biak Numfor Immanuel Naap SP, di dalam Biak, Kamis.

Ia menyebut, hasil pertanian kelompok usaha tani OAP seperti cabai, bawang merah, jahe, tomat, buah semangka, dan juga sayur mayur telah dikirim ke area lain memenuhi permintaan.

Hasil perniagaan ternak OAP lain, kata ia lagi, seperti telur ayam capai 100-500 rak kemudian daging babi dan juga ikan tuna telah terjadi memenuhi permintaan warga Serui, ibu kota di area Wilayah Yapen Kepulauan serta Daerah Waropen.

Untuk tahun 2024, menurut Immanuel, suplai keinginan hasil pertanian, perikanan kemudian peternakan akan terus ditingkatkan supaya dapat mengangkat perekonomian kesejahteraan petani OAP dalam berbagai kampung.

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Biak, ujar ia pula, terus senantiasa memberikan pendampingan bagi kelompok tani bisnis OAP melalui penyiapan tenaga pendamping kemudian pihak Yayasan Tani Sejahtera.

Ia menyebut, acara pemberdayaan bidang pertanian, peternakan dan juga perikanan pada upaya untuk mengangkat perekonomian warga OAP di dalam berbagai kampung.

"Pertanian, peternakan lalu perikanan menjadi kemungkinan lokal yang mana dapat diandalkan meningkatkan perekonomian warga kampung," katanya pula.

Beberapa wilayah yang dimaksud kemungkinan pertanian, peternakan kemudian perikanan tersebar pada 19 kecamatan.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *