Ekonom BRIN: Pemilihan Umum 2024 tingkatkan operasi sektor riil 5 persen

Market55 Dilihat

IDN Bisnis peningkatan yang disebutkan terjadi khususnya di dalam sektor-sektor yang tersebut berhubungan secara langsung dengan pemilu

Jakarta – Peneliti dunia usaha Badan Investigasi serta Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan pesta demokrasi pemilihan raya 2024 dapat meningkatkan kegiatan di dalam sektor ritel (riil) hingga 5 persen.

"Prediksinya sekitar 4-5 persen sampai dengan hari pencoblosan, juga peningkatan yang disebutkan terjadi khususnya di area sektor-sektor yang digunakan berhubungan secara langsung dengan pemilu," kata Ketua Tim Investigasi Knowledge Based Economy Pusat Studi Sektor Bisnis Makro juga Keuangan BRIN Bahtiar Rifai pada waktu dihubungi di area Jakarta, Rabu.

Proyeksi yang dimaksud didapatkannya meninjau dari rekam jejak empat pemilihan umum sebelumnya yakni pada tahun 2004, 2009, 2014, dan juga 2019 yang tersebut memperlihatkan bahwa kondisi proses di tempat sektor riil mengalami pelambatan pada masa sebelum pemilu, namun dua bulan menjauhi pemungutan suara, kegiatan operasi sektor ritel terus mengalami peningkatan.

Bahtiar menyampaikan sektor yang mana mengalami kenaikan secara segera dikarenakan pemilihan umum antara lain yakni sektor-sektor yang menunjang kegiatan kampanye dari para paslon maupun caleg di area setiap daerah. Seperti sektor makanan, logistik, konveksi, percetakan dan juga transportasi.

Selain itu ia juga menilai peningkatan proyeksi operasi yang disebutkan dapat dilihat dari adanya peningkatan anggaran yang tersebut dikeluarkan oleh pemerintah sebanyak 57,3 persen dibandingkan pemilihan umum sebelumnya.

"Kalau kita lihat ada lebih lanjut dari 9 ribu caleg, lalu pengeluaran pemerintah juga naik khusus untuk pilpres tahun ini naik sekitar 57,3 persen menjadi Rp71,3 triliun, sebelumnya 2019 cuma Rp33,73 triliun," katanya.

Lebih lanjut Bahtiar menilai generasi milenial dan juga Z juga memiliki peranan penting pada peningkatan operasi di tempat sektor ritel pada masa pemilihan 2024.

Menurutnya, keinginan dan juga idealisme generasi yang dimaksud pada kontestasi urusan politik memberikan dampak dengan segera terhadap jualan sektor kecil.

"Partisipasi gen Z lalu milenial dalam pada pemilihan umum pasti ada hubungannya dengan belanja baik belanja misalnya kuota, kemudian belanja atribusi pemilu, bahkan mereka akan berdiskusi, ngobrol, ketemu, beli kopi dan juga sebagainya itu akan cenderung meningkat dibandingkan pemilihan umum sebelumnya," ujarnya.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *