Ekonom perkirakan perekonomian Indonesia berkembang sekitar 5 persen pada 2024

Finansial22 Dilihat

IDN Bisnis Kami mengamati peningkatan ekonomi Indonesia kemungkinan besar masih tetap memperlihatkan relatif dalam sekitar 5 persen pada 2024

Jakarta –

Kepala Investigasi DBS Group Maynard Arif memperkirakan sektor ekonomi Indonesia meningkat di area kisaran 5 persen pada 2024 dengan menjaga permintaan domestik masih tumbuh, mulai dari sisi konsumsi hingga investasi.
 
"Untuk pertumbuhan ditopang lebih lanjut dari faktor domestik seperti konsumsi, bansos, pilpres serta pemuaian yang tersebut lebih banyak rendah, lantaran ekspor lalu biaya komoditas masih rendah," kata Maynard untuk ANTARA di area Jakarta, Selasa.
 
Ia mengungkapkan proyeksi peningkatan kegiatan ekonomi Indonesia yang dimaksud didasarkan dengan mempertimbangkan prospek perekonomian global 2024 yang digunakan masih dihantui dengan perlambatan atau mengalami "soft landing", juga penurunan suku bunga kebijakan Amerika Serikat (AS) atau Fed Funds Rate (FFR) yang mana diperkirakan mulai dalam semester II-2024.
 
"Kami mengamati peningkatan perekonomian Indonesia mungkin saja masih tetap memperlihatkan relatif di dalam sekitar 5 persen pada 2024," ujarnya.
 
Selain itu, perlambatan kegiatan ekonomi pada China dapat mempengaruhi kinerja ekspor Indonesia pada 2024. Hal itu karena  China merupakan salah satu bursa ekspor utama Indonesia.

China masih menjadi negara mitra dagang utama Indonesia dengan menyumbang hampir seperempat dari total ekspor Indonesia.

Kuantitas ekspor ke China sepanjang Januari hingga November 2023 mencapai 56,57 miliar dolar AS, turun sekitar 2 persen dari tahun sebelumnya. Penurunan itu terjadi seiring dengan koreksi pada nilai tukar komoditas global.

 
Di sisi lain, pemodal masih mengawaitu juga mencermati pemilihan umum (pemilu) 2024. Secara historis, lanjut Maynard, tiga pilpres terakhir berjalan aman, dan juga semua kandidat yang dimaksud terpilih tiada menciptakan kebijakan anti investor.
 
"Biasanya sih pasca terpilih mulai ada peningkatan lagi untuk penanaman modal asing," ujarnya.
 
Menurut dia, pemilihan umum satu putaran pada 2024 akan dapat berdampak positif dikarenakan menghurangi ketidakpastian.
 
"Justru yang mana penting bagi kita ya perekonomian domestiknya bagaimana pemerintah mampu menjaga supaya jangan sampai melambat oleh sebab itu dari sisi ekspor itu pada luar kontrol," tuturnya.
 
 
 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *