Erick Thohir berharap negara lain hormati pesta demokrasi Indonesia

Market43 Dilihat

IDN Bisnis Saya berharap demokrasi Indonesia ini juga harus dihargai oleh sejumlah negara di area dunia…..

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap negara-negara pada dunia menghargai pesta demokrasi juga bukan melakukan kampanye hitam tentang Indonesia.

"Saya berharap demokrasi Indonesia ini juga harus dihargai oleh berbagai negara pada dunia kemudian saya juga meninjau sejumlah black campaign yang dimaksud diadakan dari luar negeri mengenai Indonesia," ujar Erick seusai melakukan pencoblosan di tempat TPS 17, Gudang Peluru, Tebet, Jakarta, Rabu.

Erick menyampaikan, Indonesia sudah memposisikan diri sebagai negara nonaliansi sehingga menjalin persahabatan serta bekerja mirip dengan berbagai negara.

Pesta demokrasi pada hal ini pemilihan umum bukan boleh mendapat intervensi dari negara lain. Kerja serupa yang mana dijalankan Indonesia dengan negara tertentu bukanlah sebuah keberpihakan, melainkan bagian dari investasi.

"Kok kenapa di area black campaign dari luar negeri, motifnya apa gitu. Kecuali kita adalah negara yang kelihatan berpihak kanan kiri, keberpihakan negara kita itu pada rakyat kita, kita bicara investasi, itu untuk job, untuk pekerjaan," katanya.

Erick mengatakan, ketika ini perekonomian Indonesia terus meningkat juga tidak hal mustahil untuk menjadi negara yang besar.

Ia pun memohon seluruh penduduk Indonesia untuk bersama-sama menjaga negara agar tiada mudah terprovokasi dan juga terpecah belah oleh kampanye hitam.

"Ketika Indonesia menuju yang dimaksud juara, negara yang dimaksud besar, ya kemungkinan besar juga sejumlah negara yang mana agak gatal-gatal. Hal ini yang digunakan musti saya yakinkan bahwa kita benar-benar harus jaga negara kita," ucap Erick.

Indonesia pada Rabu (14/2)  menyelenggarakan pesta demokrasi. pemilihan raya 2024 meliputi pemilihan presiden lalu perwakilan presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, dan juga anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap memperlihatkan (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

pemilihan 2024 dihadiri oleh 18 partai urusan politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, juga Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Periode Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), kemudian Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai urusan politik lokal sebagai partisipan yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan juga Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, kemudian Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemilihan presiden serta delegasi presiden dihadiri oleh tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Sebagaimana Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi pernyataan nasional pemilihan 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *