Fatwa MUI: Konsumsi Kurma negara Israel ‘Haram’ Hukumnya!

Syariah25 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) ‘mengharamkan’ produk-produk kurma yang digunakan terafiliasi dengan negara Israel melalui aksi boikot seluruh item yang tersebut memperkuat negara tersebut. Aksi boikot ini tertuang pada Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Pendukung Terhadap Perjuangan Palestina.

Ketua MUI Sektor Hubungan Luar Negeri kemudian Kerja Sama Internasional Sudarnoto memohon untuk pedagang pada Indonesia agar bukan mengirimkan produk-produk yang tersebut mengupayakan Israel. Salah satu contohnya kurma yang tersebut banyak dijual pada waktu Ramadan.

“Jangan pada bulan Ramadan berjualan produk-produk Israel. Kurma itu halal, enak, saya juga pecinta kurma, halal dzatnya, tapi jadi haram oleh sebab itu uang hasil penjualannya itu untuk membunuh warga Palestina,” ungkap Sudarnoto pada keterangan resmi, disitir Hari Sabtu (16/3/2024).

Dia menjelaskan aksi boikot sengaja dilaksanakan demi melumpuhkan perekonomian Israel. Dengan begitu, negara Israel tak lagi dapat menyerang Palestina.

“Mengapa boikot? Karena hasil penjualan, pasti diberikan manfaatnya bagi Israel. Karena ini dengan boikot, maka kita mampu memperlemah perekonomian negeri Israel agar tiada menyerang-nyerang lagi,” ujar Sudarnoto.

Menurut dia, aksi boikot akan memberikan dampak luar biasa bagi Israel. Hal ini telah dibuktikan oleh kelompok survei MUI.

“Cukup tinggi penerimaan warga Indonesia terhadap boikot barang Israel. Bahkan saya mendengar di dalam Eropa juga telah melakukan pemboikotan terhadap produk-produk Israel,” jelasnya.

Produk yang digunakan diboikot MUI bermacam-macam, mulai dari makanan kemudian minuman yang dimaksud biasa dikonsumsi sehari-hari. Namun, MUI tak merinci lebih besar detail hasil apa cuma yang digunakan masuk pada daftar boikot.

Sudarnoto juga membantah informasi yang tersebut beredar bahwa MUI mengeluarkan daftar hasil yang mana harus diboikot akibat memperkuat juga terafiliasi dengan Israel. Sejauh ini, MUI hanya saja menekankan pada prinsip dasar.

Untuk mengetahui daftar komoditas yang dimaksud menyokong kemudian terafiliasi dengan Israel, ia memacu terhadap semua pihak khususnya warga serta perguruan tinggi untuk melakukan riset terkait hal tersebut.

Artikel Selanjutnya Palestina Merdeka Tanda Kiamat Sudah Dekat? Ini adalah Penjelasannya

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *