Frugal living, apa artinya?

Ragam16 Dilihat

Ibukota – Frugal living berubah menjadi topik bahasan yang kerap muncul pada media sosial. Hal ini lantaran menerapkan frugal living dapat memberi faedah guna mempertahankan kestabilan keuangan.

Frugal living merupakan gaya hidup untuk menekan tingkat keborosan seseorang yang dimaksud berfokus pada pengeluaran yang digunakan hemat serta bijaksana di hidup sehari-hari.

Melansir dari Kanwil DJKN Kementerian Keuangan Sumatera Utara, frugal living diartikan sebagai konsep mengalokasikan uang secara bijak lalu dengan kesadaran untuk mencapai tujuan keuangan masa depan.

Fokus utama menerapkan gaya hidup frugal living dengan memenuhi permintaan dasar daripada mengedepankan keinginan konsumtif yang digunakan berlebihan dengan menggalakkan hidup simpel serta menghargai apa yang dimaksud dimiliki.

Menerapkan frugal living bukanlah berarti kekurangan atau hidup murah, tetapi lebih besar pada kemampuan untuk menyebabkan tindakan yang dimaksud bijak pada pengeluaran uang. Membeli barang-barang yang dimaksud bisa saja mendatangkan value bagi hidup.

Penerapan frugal living dapat diterapkan oleh anak muda yang dimaksud terbiasa dengan gaya hidup konsumtif, membelanjakan uang untuk hal-hal yang dimaksud sebenarnya bukan terlalu dibutuhkan.

Sebagai contoh penerapan frugal living adalah pada saat seseorang memilih untuk membeli barang dengan nilai yang mana besar namun berkualitas baik, sehingga barang yang dimaksud dapat digunakan pada jangka waktu yang panjang.

Manfaat frugal living

Menerapkan frugal living miliki sejumlah manfaat, di dalam antaranya:

1. Manajemen keuangan lebih banyak efisien
Dengan menerapkan prinsip frugal living, seseorang menjalani hidup yang tersebut cukup tanpa menghabiskan uang untuk hal-hal yang tersebut bukan perlu. Hal ini membantu menurunkan pengeluaran juga meningkatkan pengelolaan keuangan. Uang yang tersebut tersedia dapat dialokasikan secara lebih lanjut efisien untuk kegiatan yang tersebut bermanfaat seperti menabung lalu berinvestasi.

2. Mencegah utang berlebih
Memprioritaskan permintaan utama serta menyisihkan uang untuk dana darurat merupakan penerapan frugal living yang membantu menjauhi dari risiko utang yang mana berlebihan.

Artikel ini disadur dari Frugal living, apa artinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *