Ganjar-Mahfud Unggul dalam TPS Erick Thohir Nyoblos, Prabowo-Gibran Malah di tempat Urutan Terakhir

Bisnis97 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Pasangan calon presiden lalu perwakilan presiden (Capres-cawapres) Ganjar Pranowo lalu Mahfud MD mengungguli pernyataan terbanyak dalam tempat Erick Thohir mencoblos. Waktu Pagi ini, Rabu, 14 Februari 2024, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggunakan hak pilihnya dalam tempat pemungutan ucapan atau TPS 17, Gudang Peluru Timur RT 02/RW 03, Kebon Baru, Tebet, DKI Jakarta Selatan. 

Pasangan Ganjar-Mahfud unggul dengan perolehan 85 suara, disusul Anies Baswedan dan juga Abdul Muhaimin Iskandar sebanyak 79 suara. Pada kedudukan terakhir, Prabowo Subianto kemudian Gibran Rakabuming Raka memperoleh sebanyak 78 suara. 

Secara total, ada 275 daftar pemilih masih atau DPT di dalam TPS 17. Panitia menerima 282 surat kata-kata pasca ditambah 2 persen cadangan dari DPT. Namun, jumlah total surat pengumuman yang mana digunakan belaka 244.

Total ucapan yang mana sah tercatat sebanyak 242 suara, sedangkan pengumuman bukan sah cuma dua. Artinya, ada 38 surat kata-kata yang mana tidak ada digunakan atau tidak ada terpakai, termasuk di tempat dalamnya surat pernyataan cadangan.

Erick Thohir adalah salah satu pembantu Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju yang tersebut menggalang pasangan Prabowo-Gibran secara terang-terangan. Dia sampai dalam TPS sekitar pukul 08.28 bersatu istri lalu anak-anaknya. Setelah selesai menggunakan hak pilihnya, Erick mengacungkan salam dua jari. 

Dia juga sempat memberikan isyarat tersirat perihal presiden juga delegasi presiden pilihannya. Walaupun selama ini Erick kerap tampil di kegiatan kampanye Prabowo-Gibran, namun ia tak terang-terangan menyebutkannya ketika dalam TPS.

“(Datang ke TPS) sebanding keluarga besar. Anak saya ada empat, tiga telah dalam Indonesia, sudah ada kerja. Satu masih kuliah di tempat luar negeri, udah nyoblos. Anak empat, istri satu, kalau pilihan udah tau lah,” katanya pada halaman TPS. 

Dia mengumumkan prosesi pemilihan di area TPS berjalan lancar, dengan adanya saksi kemudian Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Erick yakin bahwa pemilihan akan berjalan tanpa kecurangan.

“Bagus, lancar. Tadi ada saksi juga banyak, Bawaslu juga ada. Jadi, saya yakin pemilihannya ini baik, tak ada kecurangan. Semua saling menjaga, lantaran ini kan buat masa depan, jadi partisipasi warga juga sangat tinggi. Mudah-mudahan (Pemilu) ini memunculkan yang mana terbaik.”

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *