Harga emas turun tipis dipicu positifnya data ekonomi Amerika Serikat

Bursa5 Dilihat

IDN Bisnis Chicago/Xinhua – Harga emas berjangka di tempat Divisi Comex New York Mercantile Exchange jatuh pada Hari Jumat (26/1), seiring reaksi para penanam modal terhadap positifnya data dunia usaha Amerika Serikat.

Kontrak emas paling terlibat untuk pengiriman Februari turun 50 sen atau 0,02 persen, menjadi 2.017,30 dolar Negeri Paman Sam per ounce.

Departemen Perdagangan Negeri Paman Sam melaporkan pada Hari Jumat bahwa biaya indeks Personal Consumption Expenditures (PCE), sebagai ukuran kenaikan harga yang mana paling disukai Federal Reserve, melambat menjadi 2,9 persen dari tahun ke tahun pada Desember.

Belanja konsumen dalam Negeri Paman Sam naik 0,7 persen pada Desember, meningkat dari November sebesar 0,4 persen.

Penanam Modal memperkirakan bahwa penurunan suku bunga kemungkinan besar tidak ada akan dimulai hingga Mei.

Analis bursa berpendapat bahwa emas diperdagangkan pada kisaran ketat antara 2.000 serta 2.050 dolar Negeri Paman Sam per ounce selama sepekan terakhir.

Meskipun data ekonomi yang digunakan positif dapat merusak kekuatan biaya emas, permintaan safe haven akan emas semakin menguat seiring dengan memburuknya peperangan Israel-Hamas dan juga meningkatnya konflik di area Timur Tengah.

Pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve akan diadakan pekan depan. Laporan ketenagakerjaan besar Amerika Serikat juga akan dirilis pekan depan, tepatnya pada Jumat.

Logam mulia lainnya, perak, untuk pengiriman Maret turun 5,50 sen atau 0,24 persen menjadi 22,872 dolar Negeri Paman Sam per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 26,80 dolar AS, atau 3,00 persen, menjadi 921,30 dolar Amerika Serikat per ounce, sebut Xinhua.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *