HK rampungkan PHO Tol Bangkinang – Koto Kampar untuk mudik Lebaran

Bisnis36 Dilihat

IDN Bisnis sudah ada dilaksanakan pemeriksaan yang meliputi pengecekan kelengkapan administrasi, hingga kondisi fisik pekerjaan

Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) atau HK merampungkan Provisional Hand Over (PHO) Tol Bangkinang – Koto Kampar pada Provinsi Riau yang mana siap difungsionalkan pada mudik Lebaran tahun ini.

EVP Sekretaris Korporasi Hutama Karya yakni Tjahjo Purnomo menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tahapan pada upaya mempercepat pengoperasian jalan tol yang tersebut lebih besar baik, dengan pemeriksaan yang mana dilaksanakan sesuai ketentuan kontrak yang dimaksud berlaku.

“Alhamdulillah selama dua hari yang dimaksud telah dijalankan pemeriksaan yang meliputi pengecekan kelengkapan administrasi, hingga kondisi fisik pekerjaan. Targetnya jalan tol ini dapat kita fungsionalkan pada Lebaran untuk menggalang mobilitas pemudik khususnya di dalam Provinsi Riau,” ujar Tjahjo pada Jakarta, Selasa.

Jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar) akan segera diajukan pelaksanaan permohonan Uji Laik Fungsi (ULF), untuk dilaksanakan pengecekan lebih besar lanjut oleh regulator atau Kementerian PUPR, dengan harapan dapat menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada pertengahan tahun 2024.

Dalam proses pembangunannya, Hutama Karya menggunakan beberapa orang teknologi proses pembuatan diantaranya seperti Jembatan Unibridge untuk efisiensi struktur pada kontur yang mana ekstrim, dan juga struktur yang dimaksud ringan dengan bentang yang digunakan panjang dapat mengefisiensikan desain pada struktur pondasi juga kolomnya.

Jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar) miliki mainroad sepanjang 24,7 km, dengan jumlah agregat lajur 2×2. Adapun kecepatan rencana adalah 80 km/jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari semula 1 jam menjadi hanya saja 15 – 20 menit.

Selain memudahkan mobilitas memangkas waktu tempuh pemudik, jalan tol ini juga memberikan khasiat khusus untuk publik sekitar, yaitu meningkatkan UMKM pada lokasi pintu keluar/masuk tol, membuka lapangan kerja pada warga sekitar mulai dari ketika proses proses pembuatan hingga operasional.

Menjelang Mudik Lebaran 2024 M/1445 H,Hutama Karya berencana untuk memfungsionalkan dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), salah satunya ditandai dengan rampungnya proyek jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar). Proyek jalan tol yang dimaksud dilaksanakan Provisional Hand Over (PHO) terhadap pekerjaan lanjutan yang menjadi lingkup anak usaha Hutama Karya yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Pertemuan PHO yang dimaksud diawali dengan pelaksanaan kegiatan Pemeriksaan Lapangan oleh Tim Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Hutama Karya, yang tersebut kemudian ditutup dengan Rapat Pleno Pelaksanaan Pemeriksaan PPHP.

Sebagai informasi, dua ruas JTTS yang tersebut akan difungsionalkan meliputi jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar), kemudian jalan tol Indrapura – Kisaran Seksi Limapuluh – Kisaran.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *