Honda gelontorkan Rp178 triliun untuk bangun EV di Kanada

Bisnis24 Dilihat

Ibukota Indonesia (ANTARA) – Honda mengumumkan pada Kamis (25/4) bahwa merekan akan menghabiskan sekitar 11 miliar dolar Amerika Serikat (USD) atau sekitar Rp178 triliun (dengan kurs pada waktu ini) untuk memproduksi kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) di provinsi Ontario, Kanada.

Raksasa otomotif dengan syarat Jepun ini akan merancang pabrik EV lalu pabrik sel mandiri di dekat sarana produksi yang telah ada pada Alliston, Ontario, sekitar 100 km dalam utara Toronto, lapor Carscoops, Jumat.

Pabrik yang digunakan terakhir akan mempunyai kapasitas tahunan sebesar 36 GWh, serta pabrik perakitan akan mampu memproduksi 240 ribu mobil listrik per tahun, mulai tahun 2028.

Selain itu, perusahaan juga akan merancang pabrik pengolahan komponen bergerak katoda dan juga prekursor juga pabrik pemisah ke dekatnya. Fasilitas-fasilitas ini akan dibangun dengan bantuan mitra bidang usaha patungan POSCO Future M Co, Ltd kemudian Asahi Kasei.

Baca juga: Honda diwartakan akan bangun pabrik kendaraan listrik baru ke Kanada

Baca juga: Honda luncurkan tiga EV generasi baru untuk bursa Tiongkok

Honda masih pada rute negosiasi dengan para kolaboratornya, serta akan mengumumkan rincian lebih besar lanjut terkait dengan prasarana ini, seperti lokasinya, pada enam bulan mendatang.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan langkah Honda ini sebagai pembangunan ekonomi otomotif terbesar di sejarah Kanada.

Pemerintah federal mengungkapkan bahwa kesepakatan ini akan mengarah pada rantai pasokan kendaraan listrik komprehensif pertama dalam Kanada.

Pabrik mobil listrik Honda di dalam Kanada akan didukung oleh Pusat Mobil Listrik di dalam Ohio, yang akan mulai memproduksi mobil listrik pada tahun 2025.

Di sana, produsen mobil ini menginvestasikan 700 jt Simbol Dolar (sekitar Rp11,3 triliun) untuk memperbaiki pabriknya yang dimaksud sudah ada ada, kemudian memperkirakan akan menghabiskan 4,4 miliar Mata Uang Dollar (sekitar Rp71,3 triliun) untuk mendirikan pabrik sel di dalam dekatnya.

Kedua penanaman modal yang disebutkan merupakan bagian dari rencana jangka panjang Honda. Produsen mobil ini berusaha mencapai kendaraan listrik kemudian kendaraan listrik sel material bakar hidrogen akan mencapai 100 persen dari penjualannya pada tahun 2040.

Pada tahun 2050, perusahaan ini bertujuan untuk berubah jadi netral karbon pada seluruh kegiatan bisnisnya.

“Menyusul inisiatif untuk merancang kemampuan sistem produksi kendaraan listrik kami pada AS, kami sekarang akan memulai diskusi formal untuk memulai pembangunan rantai nilai kendaraan listrik yang tersebut komprehensif ke Kanada, dengan dukungan dari pemerintah Kanada kemudian Ontario,” kata direktur utama Honda Toshihiro Mibe.

“Kami akan meningkatkan kekuatan sistem pasokan kemudian kemampuan mobil listrik kami dengan tujuan untuk memenuhi permintaan mobil listrik ke Amerika Utara di dalam masa depan.” tambahnya.

Baca juga: Honda bergabung berkompetisi pada ranah elektrifikasi China

Baca juga: Honda-Nissan satukan kekuatan untuk ciptakan mobil listrik masa depan

Baca juga: Honda siap bersaing dengan pabrikan mobil listrik China

Artikel ini disadur dari Honda gelontorkan Rp178 triliun untuk bangun EV di Kanada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *