Honda luncurkan tiga EV generasi baru untuk lingkungan ekonomi Tiongkok

Otomotif26 Dilihat

Ibukota Indonesia (ANTARA) – Honda sudah pernah mengungkapkan jajaran kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) seri “Ye”, lalu merencanakan untuk memperkenalkan salah satunya pada China pada akhir tahun 2024, seiring dengan upaya untuk membalikkan kemerosotan transaksi jual beli dalam China.

Untuk ditampilkan di dalam pameran motor Beijing 2024 yang mana dimulai pada 25 April, tiga kendaraan Seri Ye diluncurkan, yakni dua SUV juga hatchback GT lima pintu berukuran keluarga, lapor laman Drive, Hari Sabtu (20/4).

Honda, yang tersebut baru-baru ini memangkas nilai tukar pada Australia pasca mendapat catatan transaksi jual beli terendah pada sejarahnya, menunjukkan SUV lima pintu P7 dan juga S7, keduanya menggunakan basis kendaraan listrik yang mana sebanding juga ditawarkan di versi penggerak roda belakang satu motor serta versi penggerak dua motor yang dimaksud lebih tinggi bertenaga.

Ye GT mempunyai siluet yang dimaksud digambarkan Honda sebagai siluet “rendah dan juga lebar”, dengan bodi fastback lalu fokus pada dinamika berkendara.

Baca juga: Honda mengambil bagian berkompetisi di dalam ranah elektrifikasi China

Honda Ye P7 (ANTARA/Honda)

Dengan rencana perdagangan pada China sebelum akhir 2024, Ye P7 serta Ye S7 akan hadir lebih besar dulu daripada Ye GT Concept, yang mana dijadwalkan hadir sebelum 2026.

Rencana jualan enam Seri Ye ke China pada tahun 2027 akan memberikan Honda 10 model kendaraan listrik ke China.

Honda juga akan menampilkan model listrik e:NP2 serta e:NS2 sebagai bagian dari jajaran kendaraan listrik e:N yang digunakan diperkenalkan pada tahun 2021 dalam pameran motor beijing 2024.

Baca juga: Honda-Nissan satukan kekuatan untuk ciptakan mobil listrik masa depan

Di China – di dalam mana Honda bermitra dengan GAC Group kemudian Dongfeng Motor – produsen mobil Jepun ini telah dilakukan tertinggal ke belakang saingan utama Volkswagen, Toyota dan juga Tesla, dan juga merek-merek lokal di perlombaan menawarkan kendaraan listrik.

Mobil listrik mencakup hampir sepertiga (31 persen atau 9,49 juta) dari 30,09 jt jualan kendaraan baru dalam China pada tahun 2023.

Meskipun pertumbuhannya melambat pada tiga bulan pertama tahun 2024, transaksi jual beli mobil listrik China masih meningkat 14,7 persen dari tahun ke tahun hingga akhir Maret.

Honda Ye S7 (ANTARA/Honda)

Honda – melalui GAC Honda (629.318 penjualan) dan juga Dongfeng Honda (604.800) – mengedarkan 1,23 jt kendaraan ke China pada tahun 2023, turun 10,1 persen dari tahun ke tahun, dengan SUV CR-V sebagai kendaraan terlaris pada depan Accord lalu Civic.

Selama sembilan bulan pertama tahun 2023, produsen mobil Negeri Matahari Terbit ini berjualan 93 persen kendaraan listriknya di China, tetapi cuma 0,5 persen atau semata-mata 10.400 kendaraan dari 2,8 jt pelanggan globalnya selama periode tersebut.

Pada Desember 2023, GAC Honda memangkas tenaga kerja dalam China berjumlah 900 staf sebagai tanggapan melawan melambatnya pemasaran serta penurunan produksi, dengan produsen mobil saingannya, Nissan, juga mengalami penurunan pelanggan (turun 16,1 persen) dalam China.

Baca juga: Honda siap bersaing dengan pabrikan mobil listrik China

Honda mengumumkan bulan kemudian bahwa dia akan bermitra dengan Nissan – yang dimaksud juga miliki kemitraan dengan Dongfeng – untuk mengembangkan mobil listrik berbiaya rendah untuk China di upaya untuk menguatkan jualan kedua merek tersebut.

Honda berencana untuk menawarkan 30 kendaraan listrik bertenaga elemen penyimpan daya secara global pada tahun 2030.

Honda Ye GT Concept (ANTARA/Honda)

Pada tahun 2023, dia menantang diri dari kemitraan untuk mengembangkan model listrik dengan harga jual hemat dengan raksasa mobil AS, General Motors, kemudian GM akan memperkenalkan versi revisi besar-besaran dari hatchback listrik perkotaan Chevrolet Bolt pada tahun 2026.

Honda juga menghentikan produksi hatchback listrik Honda E oleh sebab itu penjualannya yang lambat setelahnya kurang dari empat tahun pada ruang pamer ke seluruh Eropa – dan juga Australia bukan termasuk, meskipun beberapa ke antaranya diimpor secara mandiri.

Pada Januari 2024, produsen mobil Negeri Sakura ini mengumumkan lini kendaraan listrik “Seri 0” generasi baru di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, AS, yang digunakan pada awalnya akan dijual di Amerika Utara sebelum bursa ekspor dipertimbangkan.

Baca juga: Usaha patungan Honda dengan GAC akhiri produksi merek Acura pada China

Baca juga: Honda segarkan UR-V juga Avancier 2024 di dalam China

Artikel ini disadur dari Honda luncurkan tiga EV generasi baru untuk pasar Tiongkok

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *