ICDX terlibat beri literasi operasi multilateral untuk penduduk

Bursa57 Dilihat

IDN Bisnis Transaksi multilateral atau proses yang diadakan di area pada bursa adalah roh dari perdagangan berjangka komoditi

Jakarta – Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi lalu Derivatif Indonesia secara berpartisipasi memberikan edukasi kemudian literasi mengenai operasi multilateral untuk masyarakat.

Direktur Utama ICDX Nursalam memandang, edukasi literasi yang digunakan baik untuk publik merupakan kunci di area pada pengembangan perdagangan berjangka komoditi. Oleh sebab itu, pihaknya terus menjalankan kegiatan edukasi secara berkelanjutan.
 
“Transaksi multilateral atau kegiatan yang tersebut dilaksanakan di area pada bursa adalah roh dari perdagangan berjangka komoditi. Dan kami sebagai Bursa tentunya mempunyai tugas untuk melakukan sosialisasi, edukasi juga literasi untuk penduduk terhadap khasiat proses multilateral,” kata Nursalam melalui keterangannya di dalam Jakarta, Jumat.
Inisiatif edukasi untuk penduduk diwujudkan melalui seminar bertajuk "Prediksi serta Taktik Trading 2024" oleh ICDX Academy, bekerja sebanding dengan Phillip Futures.

Seminar yang tersebut telah lama dijalankan pada Kamis (7/3) dalam DKI Jakarta itu merupakan bagian dari upaya strategis ICDX sebagai Self-Regulatory Organization (SRO) pada sistem ekologi perdagangan berjangka komoditi untuk terus mensosialisasikan proses multilateral.

 
“Pada akhirnya, harapan kami upaya strategis ini akan meningkatkan operasi di dalam bursa,” ujar Nursalam.
 
Sementara itu, Head of ICDX Academy Anang Eko Wicaksono menambahkan bahwa pihaknya juga turut meminta seluruh pemangku kepentingan di dalam perdagangan berjangka komoditi, termasuk anggota bursa.

Dia pun berharap, forum yang disebutkan dapat dimanfaatkan anggota bursa untuk bersama-sama melakukan edukasi untuk warga terkait proses multilateral.

 
Sebagai informasi, sistem perdagangan multilateral di dalam pada perdagangan berjangka komoditi merupakan perdagangan dalam mana sejumlah penjual bertemu banyak pembeli serta bukan saling mengenal (many to many).
 
Transaksi yang tersebut terjadi dalam bursa ini dapat dimanfaatkan oleh warga sebagai sarana untuk lindung nilai (hedging), referensi harga, dan juga manajemen risiko.
 
Adapun operasi multilateral di tempat ICDX pada periode Januari hingga Februari 2024 tercatat sebanyak 158.666 lot dengan notional value sebesar Rp18.221 triliun.
 
Sepanjang periode tersebut, kontrak komoditas gold mendominasi dengan total proses sebanyak 105.401 lot. Kemudian operasi terbanyak disusul kontrak currency sebanyak 47.352 lot serta kontrak crude oil sebanyak 4.450 lot.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *