IHSG Akhir Pekan Berpeluang Menguat ke Kisaran 7.030-7.300

Bisnis23 Dilihat

JAKARTA – Ukuran Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini diprediksi di kecenderungan menguat pada sepanjang perdagangan dengan pergerakan indeks akan berada dalam kisaran 7.030 – 7.300.

Pengamat lingkungan ekonomi modal sekaligus Pendiri WH Project, William Hartanto mengatakan, dari perdagangan sebelumnya, IHSG serta sikap demand zone, ini semakin terlihat dan juga berubah jadi area penentu apakah IHSG akan semakin memburuk atau malah berubah menjadi titik balik.

“Pada dasarnya apabila diperhatikan pada jangka waktu 2 bulan terakhir alias Maret sampai dengan Mei 2024, IHSG akan terlihat membentuk demand zone pada kisaran area 7.000 – 7.180,” tulis William di analisisnya, hari terakhir pekan (3/5/2024).

Menurut William, dengan tambahan indikator MACD membentuk bullish divergence memberikan indikasi jenuh jual, sebenarnya ini bisa jadi berubah menjadi titik balik IHSG dimana IHSG mempunyai kemungkinan untuk mengakhiri pelemahannya sampai dengan pengujian terakhir ke support 7.000.

“Namun beberapa hal perlu diperhatikan. Pertama, mampukah level 7.000 dipertahankan? Dan kedua, apakah tekanan jual asing sanggup terganggu atau justru malah asing akan terus memasarkan padahal kondisi pelemahan saham-saham big caps telah tiada menguntungkan merekan lagi?,” katanya.

Jika level 7.000 dapat dipertahankan (dan IHSG menguat kembali ke melawan 7.180 mengkonfirmasi demand zone), kemudian net sell asing mampu berhenti, maka pada pada waktu itu bisa jadi dikatakan IHSG telah memasuki fase bottoming.

Secara teknikal, IHSG dengan tema “foreign sell vs demand zone“, dimana IHSG masih pada tekanan jual asing namun secara teknikal IHSG membentuk demand zone pada area 7.000 – 7.180.

“Rentang area ini termasuk tipis kemudian memungkinkan untuk bermetamorfosis menjadi titik bottoming dari tren IHSG yang digunakan sekarang ini masih cenderung menguji support 7.000,” kata dia.

Artikel ini disadur dari IHSG Akhir Pekan Berpeluang Menguat di Kisaran 7.030-7.300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *