IHSG ditutup melemah dipimpin saham sektor transportasi dan juga logistik

Bursa21 Dilihat

Bursa Asia mixed (variatif) sebab adanya sentimen positif maupun negatif.

Jakarta – Angka Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesi (BEI) pada Selasa sore ditutup melemah dipimpin oleh saham-saham sektor transportasi dan juga logistik.

IHSG ditutup melemah 12,28 poin atau 0,17 persen ke kedudukan 7.123,60. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 8,27 poin atau 0,91 persen ke tempat 898,01.

“Bursa Asia mixed (variatif) sebab adanya sentimen positif maupun negatif," sebut Tim Studi Pilarmas Investindo Sekuritas pada kajiannya dalam Jakarta, Selasa.

Pertama, pada hari ini Bank Sentral Australia mempertahankan suku bunganya pada level 4,35 persen, seperti yang tersebut diharapkan, namun dolar Australia tergelincir kemudian bursa saham Australia menguat sebab para pengambil kebijakan memang benar tambahan mengharapkan adanya pemangkasan tingkat suku bunga.

Pernyataan dovish yang disebutkan didukung oleh data pekerjaan Amerika Serikat yang digunakan lebih tinggi lemah dari perkiraan pada pekan tak lama kemudian dan juga pernyataan dari Ketua The Fed Jerome Powell yang menegaskan kembali bahwa pergerakan suku bunga selanjutnya akan lebih banyak rendah.

Dari Eropa, para pengambil kebijakan juga sedang mempersiapkan pemotongan suku bunga yang dimaksud mungkin saja berjalan pada Juni 2024.

Dari Asia, suku bunga di Negeri Matahari Terbit diperkirakan tidaklah akan menggerakkan terlalu terpencil di dalam menghadapi nol pada tahun ini, sehingga meninggalkan kesenjangan yang digunakan besar dengan negara-negara lain di dalam dunia, dimana para pelaku bursa memperkirakan Negeri Matahari Terbit menghabiskan hampir 60 miliar dolar Amerika Serikat untuk mempertahankan Yen pada pekan lalu.

Dibuka menguat, IHSG berpindah ke teritori negatif sampai penutupan pembukaan pertama perdagangan saham. Pada pertemuan kedua, IHSG betah di dalam zona merah hingga penutupan perdagangan saham.

Berdasarkan Skala Sektoral IDX-IC, empat sektor meningkat dipimpin sektor barang baku yang digunakan naik 0,89 persen, dihadiri oleh sektor kesejahteraan lalu sektor infrastruktur yang tersebut setiap naik sebesar 0,64 persen juga 0,36 persen.

Sedangkan tujuh sektor terkoreksi, yaitu sektor transportasi serta logistik turun paling pada minus 0,90 persen, dihadiri oleh sektor keuangan juga sektor teknologi yang masing-masing minus 0,78 persen dan juga 0,66 persen.

Saham-saham yang digunakan mengalami penguatan terbesar, yaitu LABA, DATA, PICO, NASI, lalu SURI. Sedangkan saham-saham yang dimaksud mengalami pelemahan terbesar, yakni MHKI, TGUK, ATLA, NIKL lalu MANG.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sejumlah 1.076.554 kali operasi dengan jumlah keseluruhan saham yang tersebut diperdagangkan sejumlah 19,34 miliar lembar saham senilai Rp10,34 triliun. Sebanyak 254 saham naik, 290 saham menurun, lalu 230 tidak ada melakukan pergerakan nilainya.

Bursa saham regional Asia sore ini, antara lain indeks Hang Seng melemah 98,93 poin atau 0,53 persen ke 18.479,36, indeks Shanghai menguat 7,02 poin atau 0,22 persen ke 3.147,73, lalu indeks Strait Times melemah 3,14 poin atau 0,10 persen ke 3.300,04.

Sementara itu, indeks Nikkei (Jepang) libur memperingati hari libur nasional negara tersebut.

Artikel ini disadur dari IHSG ditutup melemah dipimpin saham sektor transportasi dan logistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *