Indosat Buka Suara Soal Proyek Rupiah 3 Trilyun di dalam Solo, Ungkap Namanya

Techno17 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Indosat akhirnya membuka pernyataan mengenai rencana kerja samanya dengan Nvidia untuk memulai pembangunan pusat pengembangan kecerdasan buatan (AI) di area Solo.

Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications PT Indosat Tbk. atau Indosat Ooredoo Hutchison membenarkan bahwa Indosat telah menjalin kolaborasi strategis dengan Nvidia, perusahaan produsen chip Artificial Intelligence paling besar di tempat dunia.

Ia menjelaskan bahwa tujuan kolaborasi yang disebutkan adalah menggerakkan pertumbuhan infrastruktur teknologi di tempat Indonesia sekaligus melatih talenta digital di dalam RI dengan kemampuan perihal AI.

“Kolaborasi strategis kami dengan NVIDIA tidaklah hanya saja akan memacu peningkatan infrastruktur teknologi dalam Indonesia, tetapi juga akan mempersiapkan SDM Indonesia untuk merangkul teknologi masa depan ini dengan baik,” kata Steve pada pernyataan yang tersebut diterima CNBC Indonesia, Jumat (5/4/2024).

Dia menyatakan bahwa Indosat berkomitmen untuk menjadi pelopor di mengatur pengembangan Kecerdasan Buatan di area Indonesia juga proyek di area Solo adalah fokus pertama perusahaan.

“Saat ini, fokus utama kami adalah mengembangkan sebuah Center of Excellence terkait Teknologi AI di dalam kota Surakarta [Solo],” kata Steve.

CEO NVIDIA, Jensen Huang (Dok. nvidia.com)CEO NVIDIA, Jensen Huang (Dok. nvidia.com)

Disambut Gibran

Kabar perihal rencana Indosat juga Nvidia diungkapkan oleh Menteri Komunikasi lalu Informatika Budi Arie Setiadi. Ia mengungkapkan pusat Artificial Intelligence yang disebutkan akan didirikan di dalam Solo Techno Park dengan penanaman modal senilai Simbol Rupiah 3 triliun.

“Ada komitmen dari Nvidia juga Indosat untuk berinvestasi senilai US$ 200 jt alias 3 triliun rupiah untuk merancang Indonesian Artificial Intelligence Nation,” ucapannya ketika ditemui media di tempat Kantor Kominfo, Rabu (3/4/2024).

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kegembiraannya mendengar kabar tersebut.

Ia melontarkan komentar singkat pada berita persoalan rencana Indosat dan juga Nvidia yang diunggah di tempat Instagram CNBC Indonesia.

“🔥🔥gas,” kata Gibran yang sama-sama Prabowo Subianto telah terjadi ditetapkan sebagai pasangan pemenang Pilpres 2024 oleh KPU.

Artikel Selanjutnya Mengaku Hobi Ngegame, Ini adalah Game Lokal Favorit Gibran Rakabuming

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *