Ini adalah langkah mudah klaim asuransi mobil pada waktu bepergian pada momen liburan

Bisnis5 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta (ANTARA) – Saat momen liburan atau bepergian, di dalam mana situasi jalan raya menjadi padat lalu macet, tidak ada menangguhkan kemungkinan mobil mengalami risiko seperti mogok atau insiden yang melibatkan bodi kendaraan.

Mulai dari rusak ringan seperti baret akibat tersenggol kendaraan lain hingga kecelakaan berat atau mobil dicuri. PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance memiliki layanan klaim asuransi yang digunakan bisa jadi diakses hanya sekali dari genggaman lewat perangkat lunak BRINSMobile.

Meskipun mudah di mengurus klaim asuransi, tetap saja ada hal yang digunakan wajib diperhatikan agar proses pengajuan berjalan lancar. Kondisi ini penting dipastikan agar pengajuan klaim kendaraan dapat ditangani secara cepat sampai mobil diperbaiki serta kembali mulus sesuai harapan.

Dikutip dari rilis pers BRI Insurance, berikut beberapa orang hal yang dimaksud harus diperhatikan agar klaim asuransi berjalan lancar.

Baca juga: BRI Insurance rilis ciri Claim Tracking untuk pantau klaim kendaraan

Pertama, cek masa berlaku asuransi mobil. Pastikan polis asuransi masih aktif, agar kendaraan bisa saja tercover. Cek juga jenis asuransi yang mana digunakan. Hal ini biasanya tergantung dari jenis polis yang dipilih pada waktu melakukan penutupan asuransi kendaraan.

Kedua, siapkan aturan atau dokumen pendukung klaim asuransi secara daring maupun luring. Biasanya sebagai surat izin mengemudi (SIM) yang tersebut masih berlaku, kartu tanda penduduk (KTP), juga surat tanda nomor kendaraan (STNK) yang mana bukan mati.

Siapkan pula surat keterangan dari pihak berwenang seperti kepolisian atau pengelola jalan tol untuk menguatkan klaim asuransi. Dokumen resmi yang digunakan bermasalah (mati) mampu mengakibatkan klaim ditolak.

Apabila melakukan lapor klaim pada layanan asuransi via daring, persiapkan dokumen yang disebutkan dengan melakukan scan atau foto dokumen sesuai permintaan dan juga persyaratan klaim.

Berikutnya, segera lapor klaim lewat aplikasi. Bila semua persyaratan sudah ada lengkap kemudian asuransi masih aktif, pelanggan disarankan segara menghasilkan laporan di tempat fasilitas lapor klaim yang mana tersedia pada perangkat lunak BRINSMobile.

Baca juga: BRI Insurance sosialisasikan produk-produk asuransi OTO Proteksi Maksima

Setelah dilaksanakan pelaporan melalui brinsmobile atau saluran lain, akan segera pada respons oleh petugas klaim 1×24 jam hingga laporan sudah ada diterima serta mendapat persetujuan, sampai perbaikan kendaraan sudah ada ditangani oleh pihak bengkel.

Keempat, lakukan monitoring proses klaim secara daring. Dalam proses perbaikan mobil di dalam bengkel rekanan asuransi, pelanggan dapat melakukan monitoring proses klaim secara daring.

Memonitoring proses klaim dapat diadakan dengan mudah melalui perangkat lunak BRINSMobile, pilih sub menu claim untuk memasukkan nomor tiket lapor klaim dan juga nomor plat kendaraan, lalu akan muncul nomor polis kendaraan tertanggung yang digunakan sudah ada dilaporkan.

Selanjutnya, pelanggan dapat melakukan monitoring proses klaim kendaraan melawan nomor polis kendaraan lewat ponsel. Selain lewat program BRINSmobile ciri lapor klaim kemudian claim tracking juga dapat diakses melalui beberapa saluran layanan di dalam antaranya WhatsApp official di dalam 08118014081, contact center 14081, kemudian website www.brins.co.id.

Terakhir, serah terima mobil. Setelah selesai diperbaiki, pelanggan akan dihubungi oleh pihak asuransi untuk serah terima kendaraan. Lakukan inspeksi dahulu untuk melakukan konfirmasi kondisinya sudah ada prima. Jika telah tak ada masalah, pelanggan mampu melakukan penandatanganan berkas serah terima kendaraan. 

Baca juga: BRINS serta bengkel mitra tingkat layanan asuransi kendaraan

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *