Inisiatif Mekaar BRI Maju Berdayakan Jutaan Perempuan RI

Entrepreneur7 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta  – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso mengungkap bahwa partisipasi ekonomi perempuan pada Indonesia terbilang rendah. Di mana angkatan kerja perempuan cuma tercatat sebesar 53% selama lebih lanjut dari dua dekade. Jumlah yang dimaksud sangat jauh lebih banyak sedikit dibandingkan dengan laki-laki yang dimaksud mencapai 85%.

“Yang lebih besar buruk lagi, perempuan di angkatan kerja, sebab berbagai alasan terkait gender, sebagian besar didorong untuk terlibat pada sektor atau industri dengan produktivitas rendah,” ungkap Sunarso diambil dari weforum.org , Rabu (17/1/2024).

Selain itu lanjut Sunarso, belaka sekitar 60% pelaku Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah (UMKM) perempuan yang ada di Indonesia. Akses yang digunakan rendah terhadap kredit juga lingkungan ekonomi pun turut menghambat pertumbuhan mereka.

Di sisi lain, sebagian besar lembaga keuangan formal mengabaikan segmen ini dikarenakan persepsi peningkatan risiko yang mana disebabkan oleh kurangnya keahlian bisnis, ketidakstabilan pendapatan, biaya layanan, kurangnya riwayat kredit, sebagian besar operasi berbasis uang tunai, serta kurangnya agunan.

“Akses terhadap layanan keuangan sangat penting bagi rakyat kurang mampu juga kurang terlayani. Modal dengan nilai terjangkau bisa saja menjadi katalis untuk meningkatkan skala bidang usaha mereka itu lalu meningkatkan prospek untuk menaiki tangga kelas dunia usaha yang mana sulit dicapai,” tambah dia.

Untuk itu pada mengupayakan peran perempuan kemudian memberikan akses layanan keuangan, BRI meluncurkan inisiatif Mekaar (Membina Perekonomian Keluarga Sejahtera) pada 2015.

Sunarso menjelaskan, dengan meniru model lembaga keuangan mikro Grameen Bank di dalam Bangladesh, Mekaar menerapkan pendekatan unik terhadap kelompok perempuan dengan pemberian pinjaman, tabungan, dan juga inisiatif pemberdayaan.

“Dioperasikan di dalam bawah lembaga keuangan mikro milik negara PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Mekaar didedikasikan untuk peminjam perempuan, yang dimaksud secara statistik menunjukkan tingkat pembayaran kembali yang lebih besar tinggi serta tanggung jawab keuangan yang tambahan besar, dengan fokus utama pada permintaan keluarga juga masa depan anak-anak,” ungkap Sunarso.

Sunarso memaparkan bahwa pinjaman kelompok masih merupakan metode yang paling umum serta paling berhasil di menyalurkan pembiayaan terhadap perempuan kurang mampu di area warga pedesaan. Adapun karakteristik model pinjaman kelompok adalah memulai pembangunan modal sosial serta mengandalkan jaminan sosial dari tanggung jawab bersatu para anggota

Menurut dia, metodologi terbukti berhasil pada memberikan pinjaman untuk warga yang mana kurang terlayani serta mengentaskan kemiskinan di dalam negara-negara berkembang.

“Studi tentang Mekaar membuktikan dampak positifnya terhadap anggota kelompok pada berbagai dimensi. Mekaar meningkatkan kemampuan anggotanya pada menghasilkan kembali pendapatan serta keuntungan, memberikan stabilitas keuangan yang tambahan baik, mengempiskan kerentanan terhadap guncangan eksternal, dan juga harapan terhadap keberlangsungan bisnis,” papar dia.

Diketahui survei BRI Research Institute pada 2023 mengumumkan sebanyak 60,85% peminjam Mekaar mampu meningkatkan pendapatannya lalu 48,35% pada antaranya mengalami peningkatan aset setelahnya menerima pembiayaan. Mereka juga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan memenuhi permintaan dasar rumah tangga, termasuk pangan, pendidikan, akses terhadap listrik, kemudian kepemilikan aset.

“Mekaar juga memfasilitasi akses terhadap material baku, memperluas saluran distribusi. kemudian memperkenalkan sistem digital untuk anggota melalui inisiatif pemberdayaan. Selain itu, inisiatif ini menanamkan anggota untuk meningkatkan kepercayaan diri dan juga kapasitas pengambilan keputusan,” pungkas Sunarso.

Artikel Selanjutnya Klaster Usaha Binaan BRI Ini adalah Berhasil Berdayakan Lansia

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *