Iri Bikin Zalim juga Ancamannya Neraka, Lakukan Hal ini Agar Terhindar

Syariah36 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Cemburu atau iri akan nikmat orang lain sanggup berbahaya. Bahkan, menghancurkan diri sendiri.

Sebab, menurut Dian Nafi di bukunya, “Iri Mengalir Sampai Jauh”, orang yang dimaksud iri akan cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain. Emosi yang mana diam-diam dimiliki itu akan mengukur diri mereka.

Iri juga mengakibatkan bahaya lain, menghurangi motivasi menjalani hidup. Jika terus menyimpan rasa iri atau cemburu, akan terjebak pada pikiran negatif.

Akibatnya, motivasi akan semakin sulit ditemukan. Tak semata-mata itu, akan semakin sulit menerima kesuksesan orang lain serta lupa pada kenyataan.

Dalam Al-Qur’an, surat An-Nisa ayat 32 juga menjelaskan bahwa Allah SWT melarang hamba-Nya untuk merasa iri terhadap karunia yang tersebut diberikan untuk orang lain. Hal ini disebabkan lantaran setiap manusia telah lama mendapatkan nikmat sesuai dengan bidang usaha yang digunakan mereka lakukan.

وَلَا تَتَمَنَّوْا۟ مَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بِهِۦ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِّلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبُوا۟ ۖ وَلِلنِّسَآءِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبْنَ ۚ وَسْـَٔلُوا۟ ٱللَّهَ مِن فَضْلِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمًا

Bacaan latin: Wa la tatamannau ma faddalallahu bihi ba’dakum ‘ala ba’d, lir-rijali nasibum mimmaktasabu, wa lin-nisa`i nasibum mimmaktasabn, was`alullaha min fadlih, innallaha kana bikulli syai`in ‘alima

Artinya: “Janganlah merasa iri terhadap apa yang tersebut Allah limpahkan terhadap sebagian pada antara kalian lebih banyak berbagai daripada yang tersebut lain. Bagi para laki-laki, ada bagian dari hasil usaha mereka, begitu juga bagi para wanita. Bersyukurlah untuk Allah melawan sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Ancaman Jika Iri

Ustazah Mamah Dedeh mengatakan, orang yang tersebut iri tempatnya adalah neraka jahanam. Harusnya ketika mengamati orang lain senang, ia juga harus senang kemudian mendoakan.

“Harusnya manusia bersyukur, cuma orang yang mana kerasukan setan yang dimaksud zalim serta kufur nikmat. Zalim menempatkan sesuatu bukanlah pada tempatnya,” kata Mamah Dedeh, seperti dikutipkan dari detikhikmah, Rabu (13/3/2024).

“Harusnya dapet nikmat ‘Alhamdulillah ya Allah’, harusnya teman dapat kerjaan ‘bersyukur ya Allah’, harusnya kalau kita sehat ‘alhamdulillah ya Allah’ bukanlah iri dengan orang lain,” katanya.

Ciri Orang Iri dan juga Bagaimana Menghindarinya

Menurut Mamah Dedeh, berikut adalah ciri orang dengan sifat iri:

– Tidak suka kalau ada orang maju
– Tidak suka kalau orang sukses
– Tidak mau lihat orang berhasil
– Hasad, ketika meninjau orang lain sukses, orang lain berhasil, beliau ingin orang tadi jatuh. Lalu kesuksesannya pindah kepadanya, sehingga beliau yang mana berada di tempat atas.

Jika ingin menghindari sifat iri dengki, sebaiknya:

– mensyukuri nikmat Allah
– mensyukuri seluruh karunia yang dimaksud ada di tubuh kita.

Hal itu sebagaimana yang mana dijelaskan oleh Allah pada firmannya di tempat Surat Ibrahim ayat 34:

وَءَاتَىٰكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِن تَعُدُّوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ لَا تُحْصُوهَآ ۗ إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Bacaan Latin: Wa atakum ming kulli ma sa`altumụh, wa in ta’uddụ ni’matallahi lā tuhsuha, innal-insana lazalumung kaffar

Artinya: Dia telah dilakukan memberikan kepadamu keinginan lalu segala apa yang kamu minta kepada-Nya. Namun, jikalau kamu mencoba menghitung nikmat Allah, kamu tak akan dapat menghitungnya sepenuhnya. Sesungguhnya manusia itu sangat zalim kemudian sangat mengingkari nikmat Allah.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *