Jadi Pahlawan Timnas U-23 Negara Indonesia ke Piala Asia U-23 2024, Ernando Ari: Kami Ingin Menjadi Juara

Berita Olahraga38 Dilihat

Jakarta – Ernando Ari miliki peran penting di keberhasilan Timnas U-23 Nusantara menembus putaran semifinal Piala Asia U-23 2024. Ia menjadi salah satu pahlawan di adu penalti bertarung dengan Korea Selatan.

Timnas U-23 Nusantara mengalahkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024, Hari Jumat dinihari WIB, 26 April. Laga yang dimaksud dijalankan dalam Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar itu dimenangkan Skuad Garuda 11-10 lewat adu penalti usai bermain imbang 2-2 sepanjang waktu normal lalu sesi tambahan.

Ernando Ari bermain apik sepanjang 120 menit laga berjalan. Pemain Persebaya Surabaya itu juga membuktikan kapasitasnya sebagai kiper nomor satu timnas Indonesia ketika ini. 

Ia mampu membantah tendangan Kang Sang-yoon yang menjadi penendang keenam Korea Selatan serta Lee Kang Hee selaku penendang ke-12. Ia juga bergabung berubah jadi penendang pada adu penalti yang dimaksud serta berhasil mencetak gol.

Komentar Ernando Ari

Ernando Ari mengungkap rahasia performa apiknya. Ia juga mengincar hadiah yang digunakan lebih banyak besar setelahnya Timnas U-23 lolos ke semifinal. 

“Kami saling percaya di hal adu penalti,” kata pemain berusia 22 tahun itu, seperti dikutipkan dari laman AFC. 

“Saya telah latihan pada latihan dan juga ketika giliran saya, saya hanya sekali fokus (mencapai) target.” 

“Saya cuma ingin mengutarakan bahwa kami harus melanjutkan perjalanan kami serta ini bukanlah akhir. Kami ingin berubah menjadi juara.”

Ernandi Ari Sudah Cemerlang Sejak Awal Turnamen

Ernando sudah ada menunjukkan performa apik sejak sesi grup. Ia turut berperan penting di kemenangan tipis satu-nol timnas U-23 Indonesi berhadapan dengan Australia. Kala itu, lawan berkesempatan unggul lebih besar dulu melalui tendangan penalti. Namun, kiper berusia 22 tahun itu sukses berunjuk rasa tendangan Mohamed Toure yang mana bertugas sebagai eksekutor.

Dilansir dari web resmi AFC, Ernando pada waktu ini tercatat telah menghasilkan 11 penyelamatan dari empat pertandingan terakhir di dalam Piala Asia U-23 2024. Secara persentase, keberhasilan penyelamatannya berada dalam hitungan 68,8 persen. Ia juga sukses melakukan lima tangkapan untuk memotong umpan silang dari para pemain lawan.

Tak semata-mata pada hal bertahan, Ernando juga turut berkontribusi dari sisi build up serangan timnas U-23 Indonesia. Ia menghasilkan 64 umpan sukses dari total 115 percobaan dengan persentase kesuksesan 55,7 persen. Dia juga sejumlah melegakan umpan panjang dengan tingkat keberhasilan 31,1 persen.

Timnas U-23 Nusantara selanjutnya akan menghadapi pemenang pertandingan antara Uzbekistan atau Arab Saudi ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Ernando Ari berpeluang besar kembali dipercaya ahli Shin Tae-yong untuk menjaga gawang Tim Merah Putih.

RANDY FAUZI

Artikel ini disadur dari Jadi Pahlawan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024, Ernando Ari: Kami Ingin Menjadi Juara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *