Jadwal Imsak kemudian Subuh 12 Maret 2024 Wilayah Ibukota dan juga Sekitarnya

Syariah44 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Hari ini, 12 Maret 2024 merupakan awal umat muslim Indonesia secara resmi melaksanakan ibadah puasa. Penting untuk mengetahui waktu imsak dan juga subuh agar tidaklah terlewat.

Imsak akan berlangsung 10 menit mendekati salat Subuh. Para ulama setuju bahwa batas waktu sahur adalah munculnya fajar shadiq yang tersebut ditandai dengan kumandang azan. Dari Ibnu Umar RA, ia berkata,

“Rasulullah SAW mempunyai dua muazin, yaitu Bilal juga Ibnu Ummi Maktum. Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya Bilal itu mengumandangkan azan pada waktu malam, maka makan lalu minumlah kalian sampai Ibnu Ummi Maktum mengumandangkan azan.’ Beliau bersabda pula, ‘Jarak antara kedua azan itu hanya sekali sekadar turunnya yang dimaksud pertama serta naiknya yang tersebut kedua.’” (HR Muttafaq ‘Alaih)

Dalam riwayat lain disebutkan, dari Zaid bin Tsabit RA berkata, “Kami makan sahur bersatu dengan Rasulullah SAW lalu kami mendirikan salat.”

Ada salah pribadi bertanya, “Berapa jarak antara sahur dengan salat itu?” Ia menjawab, “Kira-kira cukup untuk membaca lima puluh ayat.” (HR Bukhari serta Muslim)

Dalam Kitab Syarah Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi yang mana disyarah oleh Mustafa Dib al-Bugha disebutkan, dianjurkan mengakhirkan makan sahur selama tidak ada dikhawatirkan terbitnya fajar shadiq dan juga dianjurkan pula menyegerakan berbuka.

Sebab, Imam Bukhari lalu Muslim meriwayatkan, “Manusia senantiasa pada kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” Imam Ahmad menambahkan, “Dan mengakhirkan sahur.”

Menurut Imam an-Nawawi, mengakhirkan sahur itu lebih lanjut menguatkan tubuh untuk beribadah.

Agar bukan tergesa-gesa pada waktu sahur, umat Islam sanggup mengawasi jadwal imsyak. Waktu imsyak ini bukanlah batas akhir sahur melainkan waktu untuk antisipasi. Umat Islam mampu menggunakan waktu ini untuk menyelesaikan makan sahur juga bersiap untuk salat.

Berikut imsakiyah Ramadan untuk wilayah Ibukota kemudian sekitarnya!

Jadwal ImsakiyahFoto: Infografis/ Jadwal Imsakiyah/ Ilham Restu
Jadwal Imsakiyah

Artikel Selanjutnya 100 Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 2024

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *