Jarang Orang Tahu! Awal Bill Gates Terwujud Bukan di dalam Microsoft, Tapi..

Entrepreneur76 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta, CNBC Indonesia – Siapa tidaklah mengenal Bill Gates? Dia adalah sosok pendiri perusahaan teknologi Microsoft. Dalam perjalanannya, Microsoft mengeluarkan sistem operasi paling sejumlah diterapkan di dalam dunia, yakni Windows. 

Berkat ini pula, Gates masuk pada jajaran orang terkaya dunia versi Forbes dengan total harta US$ 125,2 miliar atau Mata Uang Rupiah 1.951 triliun. Namun, belum berbagai orang tahu, bahwa akar kesuksesan Bill Gates tidak bermula dalam Microsoft, tetapi sejak bangku SMP.

Bill Gates memasuki bangku SMP sekitar akhir 1960-an. Dia bersekolah di dalam Lakeside School, sekolah elit dalam Seattle yang tersebut semua muridnya cuma laki-laki. Selama di tempat sana, Bill Gates dituntun oleh para guru untuk menemukan bakat kemudian minatnya.

Hingga akhirnya, pria kelahiran 28 Oktober 1955 itu menemui titik terang masalah bakatnya, yakni teknologi komputer. Sebagai sesuatu yang mana mahal serta langka, anak seusia Bill Gates praktis sangat penasaran terhadap komputer yang mana ada di tempat sekolahnya. 

“Sekolah itu mengakumulasi uang untuk membeli teletype yang digunakan terhubung melalui saluran telepon dengan komputer time-sharing GE,” kenang Bill Gates, diambil dari CNBC Make It (23/2/2024).

Dari sinilah Gates mulai jatuh cinta dengan komputer. Patricia Demuth dalam Who is Bill Gates? (2015) menceritakan kalau Gates selalu pergi ke komputer yang digunakan pada waktu itu berukuran jumbo untuk mengotak-atiknya selesai pelajaran. 

Dia tak sendirian. Ada sejumlah teman lain yang mana menaruh minat pada komputer. Salah satunya adalah Paul Allen. Mereka bersama-sama membaca buku manual komputer, memahami bahasa pemrograman, kemudian menghasilkan pemrograman sederhana.

Intinya, keberadaan komputer itu mengubah hidupnya. Dia rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mempelajari teknologi baru tersebut. Satu hal yang mana menghalangi langkah Gates kala itu hanya saja kebijakan sekolah. 

Ternyata, komputer yang tersebut ada di dalam sekolah adalah hasil sewa. Awalnya memang sebenarnya gratis, tetapi akibat berbagai murid memakainya, sekolah pun menerapkan biaya sewa. Meski begitu, itu tak menghalangi langkah Bill Gates. 

Masih mengutip paparan Who is Bill Gates? (2015), Gates lantas mencari uang sendiri sebab orang tuanya tak memberi. Bocah SMP itu menjalani pekerjaan freelance, membantu orang lain kemudian pihak sekolah, persoalan masalah-masalah komputer.

Singkat cerita, perjalanan sekolah SMP lalu juga berlanjut dalam SMA menjadikan Bill Gates sebagai pribadi yang digunakan mumpuni di area dunia komputer. Atas dasar ini, setelahnya lulus sekolah Gates mantap makin menekuni komputer di tempat samping berkuliah dalam Harvard, meskipun itu bukan pernah selesai.

Kesukaan terhadap komputer yang digunakan telah berakar sejak SMP memproduksi Gates akhirnya mendirikan perusahaan sendiri pada 4 April 1975. Organisasi itu bernama Microsoft yang mana juga didirikan oleh Paul Allen, teman Bill Gates ketika menekuni komputer di area Lakeside School. 

Artikel Selanjutnya Rahasia Kelezatan Coca Cola Tempo Dulu Sempat Pakai Narkoba

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *