Jelang Perilisan Neraca Perdagangan, IHSG Pekan Depan Diprediksi Konsolidasi

Market16 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA – Skala Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan bergerak konsolidasi dalam area 7.220-7.250 pada awal pekan depan. Perilisan data neraca perdagangan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Hari Senin (15/1) depan akan menjadi perhatian pelaku bursa di negeri.

Data neraca perdagangan akan menjadi petunjuk pelaku lingkungan ekonomi untuk menguji ketahanan ekspor kemudian impor. Mengutip riset dari Phintraco Sekuritas, Indonesia diproyeksikan mengalami surplus perdagangan sebesar USD1,92 miliar untuk periode Desember 2023. Ekspektasi ini lebih tinggi rendah dari hitungan sebelumnya USD2,41 miliar.

“Penurunan surplus neraca perdagangan sejalan dengan perkiraan penurunan nilai ekspor sebesar -8,1% yoy dalam Desember 2023, dari sebelumnya -8,56% pada November 2023,” tulis riset tersebut, diambil Akhir Pekan (14/1/2024).

Dari luar negeri, bursa dinilai menantikan sebagian rilis naiknya harga dari negara-negara maju, seperti Jerman yang digunakan diperkirakan akan mencatatkan inlfasi 3,7% yoy. Selanjutnya, Amerika Serikat (AS) yang digunakan akan mengumumkan data perdagangan ritel merekan sebagai acuan meninjau ketahanan konsumsi masyarakat.

“Optimisme para pelaku bursa modal Wall Street masih sama, yakni meyakini Federal Reserve akan memangkas suku bunga Fed Rate pada Maret 2024,” tulis riset tersebut.

Sementara, secara teknikal, riset Phintraco membaca indeks membentuk golden cross di indikator Stochastic RSI. Namun secara bersamaan terdapat pola doji yang dimaksud terbentuk pada pergerakan candlestick pada hari terakhir pekan (12/1) lalu.

Phintraco memprediksi IHSG akan konsolidasi pada rentang 7.220-7.250. Level support IHSG diperkirakan berada dalam 7.200, dengan area resistance psikologis di dalam 7.300. Adapun pivot point yang digunakan perlu dicermati ada pada 7.250.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *