Jokowi Puji Proyek Mekaar, Erick: Bukti Keberpihakan Pada UMKM

Berita Olahraga38 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan inisiatif PNM Mekaar bisa berhasil oleh sebab itu dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Proyek pembinaan sektor ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) ini pun menjadi bukti keseriusan pemerintah di menjaga, juga meningkatkan daya saing pelaku usaha mikro, kecil, dan juga menengah (UMKM).

“Alhamdulillah, Bapak Presiden hari ini menyampaikan perasaan gembiranya ketika bertemu dengan ibu-ibu Mekaar dalam Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah,” ujar Erick di keterangan resmi, Selasa (30/1/2024).

Pemerintah berikrar menggalang pengembangan UMKM dengan membentuk holding BUMN ultra mikro (uMi), yang tersebut terdiri berhadapan dengan BRI, Pegadaian, dan juga PNM, pada September 2021. Bersama BUMN Erick meyakini UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia pada waktu ini dan juga masa depan.

“Kebijakan Bapak Presiden, sejak awal saya jadi Menteri BUMN, serta saya meyakini UMKM itu harus menjadi landasan ekonomi nasional, sehingga bukan yang dimaksud besar cuma terus berkembang, tetapi yang dimaksud kecil harus terus bertumbuh juga untuk menjadikan entrepreneur UMKM yang makin tinggi kelasnya, dan juga InsyaAllah menjadi besar juga,” ucapnya.

Saat ini total klien yang tergabung menjadi klien tiga BUMN yang disebutkan berada di area melawan dua digit. Dia memerinci klien ultra mikro BRI mencapai 36,6 jt nasabah, sementara PNM sebanyak 15,2 jt nasabah, serta Pegadaian dengan 24 jt nasabah. Dengan  pendampingan yang tersebut baik terhadap seluruh pelanggan dan juga pembinaan berkelanjutan, Erick optimistis lingkungan pelaku bisnis kecil yang mana jujur, disiplin juga kerja keras mampu terbentuk.

“Hal ini terbukti dengan kinerja baik para pelanggan dengan rutin membayar angsuran,” kata Erick.

Sebelumnya, Jokowi bersilaturahmi dengan para kontestan PNM Mekaar dalam Stadion Gemilang, Daerah Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Awal Minggu (29/1/2024). Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan perasaan gembira akibat dapat kembali bertemu dengan para kontestan kegiatan Mekaar.

“Mungkin tambahan dari empat tahun saya tidaklah berjumpa dengan para pengguna PNM Mekaar dan juga hari ini dalam 2024 yang digunakan pertama berjumpa adalah pengguna dari Wilayah Magelang. Saya senang dikarenakan semangatnya masih semangat ’45 ibu-ibu semuanya,” ungkap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga merasa senang akibat penyaluran pinjaman melalui PNM Mekaar meningkat signifikan sejak diperkenalkan pada 2015 lalu. Jumlah pengguna berpartisipasi PNM Mekaar pada waktu ini juga mengalami peningkatan dari ribuan menjadi jutaan nasabah.

“Saya juga senang sebab di dalam 2015 ketika itu yang tersebut disalurkan kurang lebih besar semata-mata Mata Uang Rupiah 800 miliar untuk kurang lebih tinggi 400-an ribu klien sekarang sudah ada yang mana terlibat itu telah 15,2 jt pengguna lalu yang mana disalurkan Simbol Rupiah 237 triliun,” kata Jokowi.

Artikel Selanjutnya Mejeng di tempat BRILIANPRENEUR, Cutemonster Mulai Dilirik Penikmat

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *