Jokowi sebut kesempatan pembangunan ekonomi VinFast perkuat lingkungan mobil listrik

Finansial30 Dilihat

IDN Bisnis Kami membantu penuh rencana pembangunan ekonomi VinFast di dalam Indonesia.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan prospek penanaman modal produsen otomotif selama Vietnam, VinFast, di tempat Indonesia dapat menguatkan habitat kendaraan listrik nasional.

"Kami membantu penuh rencana pembangunan ekonomi VinFast di tempat Indonesia. Nanti kalau ada hal-hal yang mana berkaitan dengan izin bisa saja ke menteri saya," kata Jokowi melalui Sekretariat Presiden pada Jakarta, di area sela kunjungannya ke Kantor VinFast pada Daerah Perkotaan Hai Phong, Vietnam, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya untuk Chairman VinFast Pham Nat Vuong menghadapi rencana pembangunan ekonomi di dalam Indonesia.

Setelah bertemu Chairman VinFast, Presiden Jokowi juga berkesempatan mengunjungi pabrik mobil listrik VinFast sekaligus mengawasi berbagai proses perakitan mobil listrik, antara lain pemasangan sel mobil listrik.

Presiden Jokowi juga sempat mencoba sensasi duduk pada balik kemudi mobil listrik produksi VinFast.

Dalam keterangannya usai peninjauan, Presiden Jokowi menilai VinFast sebagai salah satu perusahaan otomotif yang mana sekarang ini sedang tumbuh pesat.

"Ini merupakan sektor yang digunakan perkembangannya sangat pesat lalu akan berinvestasi di dalam Indonesia secepatnya," ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi berharap peluncuran VinFast dalam Indonesia dapat diintegrasikan dengan sektor sel listrik, sehingga menyebabkan biosfer kendaraan listrik nasional dapat tambahan berkembang.

"Sehingga kita harapkan, apa yang tersebut rutin saya sampaikan, biosfer besarnya ini akan segera terbangun, dan juga Chairman dari VinFast
menyampaikan akan segera memulai konstruksinya secepatnya," katanya lagi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi pada waktu peninjauan pada VinFast yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Manufaktur Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, serta Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi.

Hadir juga dari pihak VinFast antara lain direktur utama VinGroup Nguyen Viet Quang, Deputy ketua eksekutif VinFast Phạm Nhat Quan Ang, Head of VinFast Factory Trunh Vanh Ngan, lalu General Assembly Manager Hong Sia.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *