Jordania taklukkan Irak secara dramatis untuk melaju ke perempat final

IDN Bisnis Ibukota – Jordania secara dramatis melangkah ke sesi perempat final Piala Asia 2023 Qatar setelahnya meraih kemenangan 3-2 atas Irak dalam Stadion Internasional Khalifa, Al-Rayyan, Qatar, Senin.

Pada laga itu, tiga gol Jordania dicetak oleh Yazan Al-Naimat (45+1’), Yazan Alarab (90+5’), kemudian Nizar Mahmoud (90+7’), sedangkan dua gol Irak dicetak oleh Saad Natiq (68’) juga Aymen Hussein (78’).

Kedua pasukan sama-sama memulai laga dengan tempo cepat. Dalam 45 menit pertama, The Chivalrous, julukan Jordania, lebih besar menguasai jalannya laga dengan serangan-serangan yang mana merepotkan lini pertahanan Irak.

Pada menit ke-17, Jordania mempunyai prospek emas. Ali Olwan mendapatkan bola muntah hasil clearance kiper Jalal Hassan yang mana kurang sempurna. Namun, tendangan pemain bernomor punggung 9 itu ke gawang yang tersebut sudah ada kosong masih menyamping.

Dua menit setelahnya, Olwan kembali mengancam. Kali ini kerja samanya dengan Yazan Al-Naimat membuahkan prospek berbahaya dimana ia melesatkan tendangan keras. Bukan menyamping, kali ini tendangannya dapat ditepis Hassan.

Memasuki menit ke-26, lagi juga lagi Hassan menjadi momok bagi Olwan yang digunakan kembali gagal mengeksekusi prospek emas dimana ia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Singa Mesopotamia tersebut.

Pada menit ke-35, Jordania hampir kebobolan andai sang kiper Yazees Abulaila tidaklah melakukan penyelamatan gemilang dari tendangan jarak berjauhan Ibrahim Bayesh.

Pada laga yang mana memasuki menit-menit kritis, Jordania akhirnya membuka keunggulan pasca Yazan Al-Naimat yang tersebut lolos dari penjagaan bek Irak mengeksekusi tendangan dengan baik yang digunakan gagal diamankan Hassan. Hasil satu-nol untuk Jordania menghentikan 45 menit pertama.

Irak lalu mengambil alih permainan fase kedua setelahnya tertinggal 0-1. Ahmed Al-Hajjaj memulai ancaman Irak dengan umpan crossing-nya yang digunakan hampir berbuah gol pada menit ke-48. Tujuh menit setelahnya gantian Hussein Ali yang dimaksud memberikan ancaman melalui tendangan kaki kanannya yang tersebut masih diselamatkan oleh Yazees Abulaila.

Serangan-serangan pasukan Jesus Casas akhirnya berbuah pada menit ke-68 dimana berawal dari sepak pojok, bek jangkung Saad Natiq berhasil menanduk bola yang mana memperdaya Yazees. Angka menjadi imbang 1-1.

Irak kemudian bermain semakin percaya diri. Pada menit ke-75, giliran strikernya Aymen Hussein yang tersebut mencatatkan namanya ke papan skor untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelahnya tendangan kerasnya menyebabkan Yazees memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali.

Petaka bagi Irak sebab pasca gol itu, merekan bermain dengan satu puluh pemain seusai pencetak gol Hussein mendapatkan kartu jaundice kedua bagi sang striker. Keunggulan pemain pun dimanfaatkan dengan baik oleh Jordania. Pasukan Houcine Ammouta itu mengakhiri laga dengan kemenangan dramatis setelahnya Yazan Alarab (90+5’) serta Nizar Mahmoud (90+7’) mencetak gol pada menit-menit akhir.

Dengan kemenangan ini, Jordania melaju ke sesi perempat final untuk kemudian menantang kelompok debutan Tajikistan pada Hari Jumat (2/2) pukul 18.30 Waktu Indonesia Barat pada Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar. Sementara itu, Irak yang digunakan melaju dengan sempurna dalam Grup D harus rela mengubur mimpinya untuk melaju lebih tinggi berjauhan dalam Piala Asia 2023.

Susunan pemain kedua tim:

Irak: Jalal Hassan, Hussein Ali, Saad Natiq (Ali Adnan 72’), Rebin Sulaka, Ahmed Al-Hajjaj (Merchas Doski 54’), Osama Rashid (Mohanad Ali 63’), Amir Al Ammari, Ibrahim Bayesh, Ali Jasim Elaibi, Youssef Amyn (Zidane Iqbal 54’), Aymen Hussein
Pelatih: Jesus Casas

Jordania: Yazees Abulaila, Salem Al Ajalin, Yazan Alarab, Abdallah Nasib, Mahmoud Al-Mardi, Rajaei Ayed (Saleh Rateb 90’), Nizar Mahmoud, Ehsan Haddad, Ali Olwan. Moussa Al-Taamari, Yazan Al-Naimat
Pelatih: Houcine Ammouta.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *