Kalbar gencarkan Pergerakan Tani Pro Organik atasi pupuk mahal

Bisnis38 Dilihat

IDN Bisnis Kami ketika ini terus melakukan sosialisasi terhadap petani yang mana ada pada Kalbar, untuk melaksanakan Inisiatif Tani Pro Organik, sebagai upaya kita meningkatkan hasil pertanian penduduk juga menurunkan ketergantungan petani terhadap pupuk kimia

Pontianak – Dinas Tanaman Pangan lalu Hortikultura (TPH) Kalimantan Barat (Kalbar) menggencarkan Gerakkan Tani Pro Organik di area banyak wilayah dalam provinsi itu untuk meningkatkan hasil panen yang digunakan optimal juga menurunkan ketergantungan petani terhadap pupuk kimia yang mana semakin langka serta mahal.

"Kami pada waktu ini terus melakukan sosialisasi terhadap petani yang ada di dalam Kalbar, untuk melaksanakan Inisiatif Tani Pro Organik, sebagai upaya kita meningkatkan hasil pertanian penduduk kemudian menghurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia," kata Kepala Lingkup Penyuluhan kemudian Pengembangunan Pertanian Dinas TPH Kalbar Iskandar Mirza di dalam Pontianak, Minggu.

Untuk menggencarkan Inisiatif Tani Pro Organik tersebut, pihaknya terus melakukan kegiatan sosialisasi sekolah lapang tematik Pergerakan Tani Pro Organik (Genta Organik) tahun 2024.

"Yang terakhir kami melakukan sosialisasi di area Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sajingan Besar, Daerah Sambas, yang dimaksud disertai para penyuluh pertanian serta wakil-wakil dari kelompok tani setempat," tuturnya.

Iskandar menjelaskan kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal di pelaksanaan Sekolah Lapang Pertanian Organik untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep lalu pelaksanaan pertanian organik.

Pihaknya menekankan pentingnya pemanfaatan Proyek Genta Organik di memperbaiki tata kelola lahan pertanian pro organik.

Ia menyoroti pentingnya hasil panen yang optimal juga menurunkan ketergantungan petani terhadap pupuk kimia yang mana semakin langka serta mahal.

"Kegiatan Genta Organik merupakan upaya nyata untuk mengempiskan pengaplikasian pupuk kimia dengan mengupayakan petani lalu penyuluh untuk beralih ke pupuk organik. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan," katanya.

Genta Organik, kata dia, menekankan pemakaian pupuk organik, pupuk hayati, pembenah tanah, juga pestisida alami, sebagai solusi terhadap hambatan pupuk yang dimaksud mahal kemudian langka.

Tujuan utama dari pergerakan ini, lanjutnya, memberdayakan petani di memproduksi bahan-bahan tani secara mandiri, sehingga dapat meningkatkan kemandirian lalu keberlanjutan sektor pertanian.

"Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan para petani dan juga penyuluh pertanian di tempat Kalbar semakin termotivasi untuk bergabung pada Genta Organik guna menciptakan pertanian yang mana lebih tinggi berkelanjutan juga ramah lingkungan," kata Iskandar.

 
 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *