Kantongi Izin Penerbangan, Maskapai Asal Irlandia Siap Beroperasi di dalam Indonesia

Bisnis71 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA – Perusahaan penerbangan selama Irlandia, BBN Airlines siap beroperasi secara komersial dalam Indonesia pada tahun ini. Hal itu menyusul setelahnya dikantonginya Sertifikat Operasi Udara Bebas (AOC) penerbangan komersial penumpang dari Direktorat Jenderal Perhubungan Atmosfer Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Chairman BBN Airlines Indonesia, Martynas Grigas mengatakan, targetnya pada tahun ini BBN Airlines Indonesia telah beroperasi secara komersial melayani rute-rute domestik, lalu Internasional seperti ke India lalu China. BBN Airlines menyiapkan setidaknya 10 armada pesawat penumpang untuk tahun ini.

“Penumpang kami pakai Boeing 737-800, dengan kapasitas 189 penumpang di konfigurasi ekonomi,” ujar Grigas ketika ditemui di tempat Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Lewat pengoperasian 10 armada pesawat penumpang tersebut, BBN Airlines Indonesia memiliki target mampu mengangkut sekitar 2 jt penumpang hingga akhir tahun 2024 mendatang. BBN Airlines Indonesia akan datang memberikan pelayanan setingkat medium service atau setara dengan kompetitornya seperti misalnya Pelita Air, Sriwijaya Air, atau armada lain dikelasnya.

Adapun terkait rencana inisiasi rute untuk penerbangan domestik, Martynas mengaku hingga ketika ini belum bisa jadi disampaikan secara lebih banyak komprehensif akibat masih di tahap penyiapan oleh maskapai.

“Mengenai rute masih di tahap penggodokan, untuk ketika ini belum bisa jadi saya share. Passenger ini baru beberapa hari lalu diterbitkan (izinnya), jadi masih belum mampu share dikarenakan semua masih pada tahap persiapan,” ujar Grigas.

Setelah mengantongi AOC dari Kemenhub, BBN Airlines Indonesia akan datang membuka layanan penerbangan komersial penumpang yang dimaksud akan mulai beroperasi pada bulan Maret 2024. Hal yang disebutkan sekaligus memanfaatkan permintaan yang cenderung meningkat jelang hari raya besar seperti Idul Fitri serta musim liburan di tempat Indonesia.

“Pada tahun ini kami targetkan untuk passenger (pesawat penumpang) kami targetkan ada 10 unit, kemudian untuk tahun-tahun berikutnya tentu akan dikembangkan terus,” sambungnya.

Kehadiran BNN Airlines Indonesia dalam kelas pesawat penumpang akan memproduksi lapangan usaha penerbangan di tempat Indonesia akan tambahan kompetitif. Melihat beberapa maskapai baru juga belakangan hadir, misalnya seperti Pelita Air yang baru beroperasi sejak tahun 2022 lalu. Kemudian TransNusa yang mana kembali beroperasi pasca pandemi 2020 juga bergerak untuk pengangkutan penumpang.

“Kalau persaingan kita lihat secara rute masih sejumlah yang mana belum pulih, jadi kami mengawasi masih ada sejumlah potensi rute-rute bisa saja kita manfaatkan kembali,” pungkas Grigas.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *