Kapan 1 Ramadan 1445 Hijriyah Versi eksekutif RI? Hal ini Penjelasannya

Syariah37 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Kapan awal puasa terus-menerus menjadi pertanyaan bagi berbagai orang. Tahun ini, awal puasa Ramadan 1445 Hijriyah kemungkinan akan jatuh di tempat tanggal yang mana berbeda menurut pemerintah juga organisasi penduduk Islam di tempat Indonesia.

Dilansir dari laman resminya, pemerintah akan menentukan awal puasa Ramadan 1445 Hijriyah melalui sidang Isbat yang tersebut dijalankan oleh Kementerian Agama RI (Kemenag). Pemantauan Hilal (rukyatulhilal) awal Ramadhan pada 10 Maret 2024 itu akan dijalankan di dalam Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan M.H. Thamrin, Ibukota Indonesia Pusat.

Direktur Jenderal Bimbingan Komunitas Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin mengatakan, kegiatan ini akan diselenggarakan secara hybrid, daring dan juga luring.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi warga untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” katanya seperti diambil situs resmi Kemenag, Rabu (6/3/2024).

Direktur Urusan Agama Islam dan juga Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menambahkan, Sidang Isbat akan melibatkan Tim Hisab juga Rukyat Kementerian Agama, dan juga dihadiri para duta besar negara sahabat serta perwakilan ormas Islam. Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Badan Studi lalu Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan juga Geofisika (BMKG), kemudian undangan lainnya.

“Kami juga mengundang pimpinan MUI serta Komisi VIII DPR RI untuk hadir pada sidang,” katanya.

Sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan kedudukan hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan diadakan Tim Hisab dan juga Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

“Sesi ini terbuka untuk umum serta akan disiarkan secara live di dalam Channel Youtube Bimas Islam,” ujar Adib.

Kedua, Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah yang mana dijalankan secara tertutup setelahnya Salat Magrib. Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dimaksud dijalankan Tim Kemenag pada 134 lokasi di dalam seluruh Indonesia.

“Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat yang mana juga disiarkan melalui media sosial Kemenag,” pungkasnya.

Bila merujuk Kalender Hijriyah yang dirilis Kemenag, perkiraan 1 Ramadan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Artikel Selanjutnya Gerhana Siklus 29 Oktober, Kemenag Anjurkan Shalat-Amalan Hal ini

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *