Kapan Waktu petang Nisfu Syaban 2024? Hal ini Keistimewaan lalu Amalannya

Ragam53 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Malam Nisfu Syaban adalah salah satu waktu malam di area bulan Syaban yang tersebut memiliki kemuliaan oleh sebab itu 300 pintu rahmat lalu pengampunan Allah SWT dibuka. Lalu, kapan di malam hari Nisfu Syaban?

Malam NIsfu Syaban tiap tahunnya jatuh pada waktu malam ke-15 bulan Syaban di kalender Hijriah. Hal ini sebagaimana arti dari kata Nisfu Syaban yang tersebut berarti pertengahan atau tengah-tengah bulan Syaban.

Agar lebih banyak mengetahui kapan di malam hari Nisfu Syaban, keistimewaan, juga amalan yang tersebut bisa jadi dilakukan, berikut ini informasinya untuk Anda.

Kapan Waktu petang Nisfu Syaban?

Mengacu pada pengumuman Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LFPBNU) nomor 015/LF-PBNU/11/2025, awal bulan Syaban jatuh pada 11 Februari 2024.

Dengan demikian, waktu malam Nisfu Syaban jatuh pada Ahad, 25 Februari 2024. Sebagaimana waktu pergantian hari menurut kalender Hijriyah, sejak matahari tenggelam pada hari Sabtu, 24 Februari 2023 maka sudah ada masuk Nisfu Syaban atau pertengahan bulan Syaban.

Keutamaan Waktu petang Nisfu Syaban

Sebagai waktu malam yang tersebut penuh keberkahan, ada beberapa keistimewaan waktu malam Nisfu Syaban dikutipkan dari laman uinsgd.ac.id, yakni:

  • Doa akan dikabulkan.
  • Mendapat pengampunan dosa oleh Allah SWT.
  • Meningkatkan rezeki kemudian keselamatan.
  • Malam yang penuh syafaat lalu kebajikan.
  • Laporan amal manusia sehingga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan juga mendekatkan diri terhadap Allah.

Banyaknya keutamaan dalam waktu malam Nisfu Syaban, jangan sampai umat muslim melewatkannya lalu perbanyak amalan baik. 

Amalan Waktu senja Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban adalah salah satu waktu malam istimewa yang digunakan memiliki berbagai keutamaan, salah satunya adalah pengampunan dosa bagi orang-orang mukmin sehingga biasa disebut sebagai lailatul maghfirah yang dimaksud artinya di malam hari pengampunan. 

Karena  itu, pada di malam hari NIsfu Syaban ada tiga amalan utama yang dimaksud dianjurkan, dalam antaranya

1. Memperbanyak Doa

Bulan Syaban adalah bulan yang mana penuh berkah dan juga pengampuan, sehingga dianjurkan untuk memperbanyak doa. 

Anjuran untuk melakukan amalan ini didasarkan pada hadis riwayat Abu Bakar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada di malam hari Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa serta musyrik lalu orang yang digunakan pada pada hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)” – H.R Al-Baihaqi.

2. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Selain memperbanyak doa, pada waktu malam Nisfu Syaban juga diutamakan untuk membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya sebab dua kalimat syahadat termasuk kalimat yang dimaksud mulia dan juga sangat baik dibaca kapan terlebih di tempat waktu malam yang dimaksud istimewa seperti waktu malam Nisfu Syaban. 

Sebagaimana Sayyid Muhammad bin Alawi menyatakan bahwa “Seyogyanya seseorang muslim mengisi waktu yang tersebut penuh berkah serta keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat”

Dua kalimat syahadat dapat dimaknai sebagai pengakuan iman orang muslim terhadap keesaan Allah dan juga kenabian Muhammad sebagai utusan-Nya.

3. Memperbanyak Istighfar

Manusia tidaklah pernah bersih dari salah dan juga dosa. Kendati demikian, Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan untuk siapapun. Oleh lantaran itu, penting bagi kita untuk meminta-minta ampun terlebih pada waktu malam NIsfu Syaban dengan banyak-banyak beristighfar.

Hal ini sejalan dengan Sayyid Muhammad bin Alwi yang menjelaskan bahwa istighfar merupakan amalan utama yang mana harus dibiasakan orang islam, khususnya pada waktu yang tersebut mempunyai keutamaan, seperti Syaban juga di malam hari pertengahannya. 

Dengan beristighfar dapat memudahkan rezeki kita sebagaimana yang dijelaskan pada Al-Qur’an kemudian hadits. 

Selain itu, beristighfar juga menjadi tanda bahwa kita masih mengingat Allah kemudian masih ingin memohonkan pengampunan kepada-Nya ketika melakukan kesalahan. 

Nah, itulah informasi mengenai kapan waktu malam Nisfu Syaban, keistimewaan dan juga amalannya. Semoga bermanfaat, ya. 

AULIA ULVA

Pilihan Editor: 5 Keutamaan Periode Syaban, Penuh dengan Ampunan

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *