KB Bank Gugat Askrindo, Bersengketa Simbol Rupiah 1,5 M

Market18 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank KB Bukopin Tbk. atau KB Bank menggugat PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo di area Pengadilan Negeri Ibukota Indonesia Selatan. 

Dalam nomor perkara 269/Pdt.G/2024/PN JKT.SEL, KB Bank menggugat Askrindo dengan nilai sengketa Rupiah 1,56 miliar. Akan tetapi belum ada keterangan mengenai petitum dari perkara tersebut.

Perkara yang disebutkan sudah pernah didaftarkan serta ditetapkan pada 14 Maret 2024. Kemudian rencananya sidang perdana akan dilaksanakan pada 27 Maret 2024. 

Adapun Askrindo adalah anggota Indonesia Financial Group (IFG) yang tersebut bergerak di bidang asuransi. Perusahaan ini bertugas memberikan jaminan atau ganti merugi melawan kredit macet yang tersebut disalurkan perbankan maupun nonperbankan terhadap UMKM.

Sementara itu KB Bank, merupakan bank yang tersebut 66,88% sahamnya digenggam oleh pemodal Korea Selatan, Kookmin Bank Co. Ltd. Selain Kookmin, STIC Eugene Star Holding Inc tercatat sebagai pemegang 16,98% saham BBKP per 29 Februari 2024. Sisanya atau 16,14% saham BBKP dikantongi oleh publik.

Sebagai informasi, pada 2019 KB Bank, masih bernama Bank Bukopin,berkerja serupa dengan Askrindo terkait Pertanggungan Letter of Credit (LC) atau Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), Asuransi Kredit Umum Produktif Dalam Rangka Optimalisasi Aset, kemudian Asuransi Kredit Konstruksi & Non Konstruksi (Project Financing).

Kerja sebanding antara Bank Bukopin dengan Askrindo sebagai perusahaan penjamin terhadap pembiayaan yang tersebut diberikan Bank Bukopin untuk debitur untuk barang LC/SKBDN lalu juga pembiayaan project financing untuk membiayai proyek pemerintah, BUMN juga anak perusahaannya juga BUMD, dalam mana debitur yang disebutkan diwajibkan juga untuk menggunakan produk-produk bank garansi dari Bukopin.

Akan tetapi belum ada informasi mengenai keterkaitan kerja serupa yang dimaksud dengan perkara yang mana sedang berlangsung di dalam PN Jaksel. Hingga berita ini diturunkan, Bukopin dan Askrindo belum memberikan keterangan mengenai perkara tersebut. 

Artikel Selanjutnya Lihat Potensial RI Masih Besar, KB Bank Bidik Bagian Hal ini

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *