Kebutuhan daging sapi selama puasa hingga Lebaran di tempat NTB aman

Market16 Dilihat

IDN Bisnis Jadi untuk keinginan daging kita tidak ada perlu khawatir, oleh sebab itu NTB ini adalah produsen sapi.

Mataram – Dinas Peternakan dan juga Kesejahteraan Makhluk Hidup (Disnakeswan) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjamin permintaan daging sapi selama puasa hingga Lebaran 2024/1445 Hijriah dalam wilayah ini aman.

Kepala Disnakeswan NTB Muhamad Riadi menyatakan populasi sapi pada wilayah itu mencapai 1,2 jt ekor, sehingga untuk keinginan daging sapi selama Ramadhan hingga Lebaran ini rakyat tidak ada perlu khawatir.

"Jadi untuk keperluan daging kita tak perlu khawatir, oleh sebab itu NTB ini adalah produsen sapi," ujarnya, di dalam Mataram, Senin.

Ia mengungkapkan keperluan daging sapi di area NTB ini tiada sampai 200 ekor sampai 400 ekor per bulan, sehingga lagi-lagi kalau untuk keinginan daging sapi NTB sangat melimpah lalu tiada ada kekurangan.

"Apalagi sekarang ada masuk daging beku impor dari luar. Tapi itu masuknya tiada kontinyu masuknya tergantung permintaan, ada sampai 20 ton," kata Muhamad Riadi.

Disinggung terkait biaya daging sapi yang dimaksud saat ini melonjak hingga mencapai Rp130 sampai dengan Rp135 ribu ribu per kilogram. Riadi menegaskan bahwa nilai tukar daging sapi dalam pasaran cukup fluktuatif. Bahkan, menurutnya lagi, nilai daging sapi rata-rata di tempat kisaran Rp120 ribu-Rp125 ribu per kilogram (kg).

"Kalau ada kenaikan itu semata-mata anomali saja. Karena kami produsen maka tarif daging kita tambahan tinggi dari area lain," kata beliau pula.

Riadi menambahkan selama Ramadhan hingga Lebaran tidaklah akan ada penambahan atau pembatasan sapi potong untuk NTB, sebab permintaan daging sapi semua tergantung permintaan dari pasar.

"Tidak ada pembatasan, dikarenakan satu RPH itu biasanya ada 6-7 ekor di area potong. Tergantung permintaan, izin masuk daging setiap minggu, bukan ada permintaan tinggi, lantaran konstan kalau di daerah," katanya lagi.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *