Kemenag Gelar Sidang Isbat Tanggal 9 April, Idul Fitri Jatuh 10 April?

Syariah24 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Kementerian Agama telah lama menyatakan akan menyelenggarakan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024, pada 9 April. Hal ini ditegaskan Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki.

“Untuk sidang isbat tetap memperlihatkan kita laksanakan pada tanggal 9 April 2024,” kata Saiful diambil Kamis (28/3/2024).

Penentuan kapan sidang isbat juga sudah sesuai dengan ketentuan kedudukan hilal, yang tersebut pada waktu itu telah lama memenuhi kriteria Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, juga Singapura (MABIMS). Di mana ketinggian hilal minimal 3 derajat kemudian elongasi minimal 6,4 derajat.

Lalu kapan Idul Fitri 2024?

Kemungkinan besar, Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada 10 April. Jika ini terjadi, maka lebaran warga RI, baik pemerintah maupun sebagian organisasi massa (ormas) seperti Nahdatul Ulama (NU) juga Muhammadiyah akan jatuh dalam tanggal yang tersebut sama.

“Insya Allah Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama bagi seluruh umat Muslim di dalam Indonesia. Tapi nanti akan kita konfirmasi lagi pada 9 April untuk melakukan Sidang Isbat pada Jakarta,” ujarnya.

Muhammadiyah diketahui telah lama lebih besar dulu menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2024 sejak awal. Hal ini didasarkan pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan juga Zulhijah dalam mana lebaran jatuh tangga 10 April.

NU sendiri biasanya berbarengan dengan penetapan Muhammadiyah.

Selengkapnya klik di tempat sini>>>

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Rangkuman berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *