Kemendag perketat pengawasan layanan SPBU jelang mudik Lebaran 2024

Bisnis31 Dilihat

IDN Bisnis Saya akan cek SPBU di tempat seluruh Indonesia kalau ada SPBU yang mana curang kita pidanakan

Kabupaten Bandung – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memperketat pengawasan terhadap pelayanan konsumen dalam stasiun pengisian komponen bakar umum (SPBU) untuk mengantisipasi kecurangan meteran dispenser BBM menjauhi musim mudik Lebaran 2024.

“Kita akan cek di dalam seluruh provinsi, jangan sampai merugikan para pemudik. Pelaku-pelaku SPBU yang tersebut curang saya minta dihentikan segera lantaran itu sangat merugikan,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di area Daerah Bandung, Selasa.

Zulhas menegaskan bahwa kecurangan pada meteran BBM di area SPBU dapat menyebabkan pemudik membayar lebih besar dari yang digunakan seharusnya merekan bayar untuk pengisian komponen bakar kendaraan mereka.

Hal ini tak hanya saja merugikan secara finansial, tetapi juga dapat memperlambat perjalanan merek kemudian meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan atau insiden di tempat jalan.

“Bayangkan kalau saya isi bensin 20 liter Jakarta-Bandung itungan saya sampai. Tiba-tiba akibat curang isinya hanya sekali 10 liter atau separo jalan habis kan nyusahkan orang,” kata dia.

Oleh lantaran itu, ia mengimbau para pemilik SPBU tak main-main dengan melakukan perbuatan curang. Sebab mendekati Lebaran ini akan dijalankan pengecekan seluruh SPBU di tempat Indonesia.

“Maka dari itu jangan main-main. Saya akan cek SPBU dalam seluruh Indonesia kalau ada SPBU yang dimaksud curang kita pidanakan,” katanya.

Pengawasan yang ketat akan diadakan untuk memverifikasi bahwa meteran BBM di area setiap SPBU berfungsi dengan benar lalu tidaklah ada tindakan kecurangan yang dimaksud dilakukan.

Sebelumnya, Mendag menyebutkan bahwa Direktorat Jenderal Perlindungan Customer juga Tertib Niaga Kemendag menemukan empat SPBU nakal yang tersebut melakukan kecurangan di dalam meteran dispenser BBM mendekati musim mudik Lebaran 2024.

"Sebetulnya ada empat (SPBU nakal) yang mana kita temukan. Ada di dalam Karawang, Bekasi, Bandung serta Serang," katanya.

Dia menambahkan penyegelan ini dilaksanakan dikarenakan sebentar lagi telah lama memasuki periode libur Lebaran 2024, yang diprediksi berbagai warga yang mana mudik juga akan sejumlah yang mana mengisi BBM di tempat SPBU.

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *