Kemenhub sebut PNBP KSOP Banjarmasin capai Rp429,9 miliar selama 2023

Finansial13 Dilihat

IDN Bisnis Capaian ini menjadi tertinggi se-Indonesia dari total 302 pelabuhan di dalam wilayah kerja Ditjen Hubla.

Banjarmasin – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatatkan data Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang mana dipungut Kantor Kesyahbandaran dan juga Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin mencapai Rp429,9 miliar selama periode 2023.

“Capaian ini menjadi tertinggi se-Indonesia dari total 302 pelabuhan di dalam wilayah kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla),” kata Direktur Lalu Lintas serta Angkutan Laut (Dirlala) Ditjen Hubla Kemenhub Hendri Ginting, dalam Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat.

Dia mengapresiasi menghadapi capaian KSOP Banjarmasin yang dimaksud oleh sebab itu sukses melampaui target yang mana sebelumnya ditetapkan sekitar Rp287 miliar.

“Saya memohonkan KSOP Banjarmasin terus meningkatkan pelayanan dan juga pengawasan aktivitas bongkar muat kapal di dalam pelabuhan,” ucapannya pula.

Hendri menyampaikan hal itu pasca hadir di kegiatan focus group discussion (FGD) tata kelola pelayanan kapal juga bongkar muat mineral lalu batu bara (minerba) berbasis digital, yang digunakan dilakukan di tempat Daerah Perkotaan Banjarmasin, Kalsel, kemudian dihadiri Kementerian ESDM, Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK), juga seluruh kantor kesyahbandaran maupun unit pelaksana pelabuhan se-Kalimantan.

Dia menuturkan pada waktu ini layanan aktivitas bongkar muat kapal dalam pelabuhan telah diberlakukan sistem pembayaran digital, sehingga membantu pelaksana tugas dalam kantor kesyahbandaran maupun unit pelaksana pelabuhan pada menjalankan tanggung jawab.

Ia pun menekankan agar KSOP Banjarmasin memberlakukan layanan kapal yang digunakan cepat, transparan, dan juga efektif, dan juga yang tersebut paling utama adalah memperbaiki tata kelola pada sektor mineral juga batu bara (minerba) lantaran merupakan salah satu sektor penyumbang PNBP tertinggi.

Menurut Hendri, upaya perbaikan layanan itu tidak ada hanya saja sebatas capaian kinerja, tetapi sebagai acuan juga penilaian para pelaku perniagaan lalu penduduk bahwa pelayanan bongkar muat kapal dilaksanakan secara transparan kemudian tidaklah ada yang ditutupi.

“Secara umum pengelolaan pelabuhan di area Kalimantan telah bagus lalu tentunya bersinergi dengan Stranas PK, Kementerian ESDM, Kemenkeu, juga semua lembaga yang tersebut ada di dalam unsur maritim telah terjadi melakukan tugas dengan baik,” kata beliau lagi.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *