Kemenkeu: Alokasi dana BOS di area Bengkulu meningkat capai Rp472,11 miliar

Finansial23 Dilihat

IDN Bisnis Alokasi pada 2024 mengalami kenaikan sebesar 1,37 persen.

Kota Bengkulu – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) menyebutkan alokasi anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) dalam Provinsi Bengkulu mengalami peningkatan yaitu sebesar Rp472,11 miliar, dari sebelumnya Rp430,02 miliar.

"Alokasi pada 2024 mengalami kenaikan sebesar 1,37 persen. Kami berharap dapat terkelola dengan baik, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJPb Bengkulu Bayu Andy Prasetya, di dalam Bengkulu, Jumat.

 
Anggaran yang dimaksud akan disalurkan ke Dinas Pendidikan juga Kebudayaan (Dikbud) wilayah masing-masing, agar dapat diserahkan ke sekolah yang digunakan ada dalam wilayah tersebut.
 
Ia menyebutkan, anggaran yang disebutkan dapat digunakan untuk membantu acara di area sekolah, seperti penerimaan kontestan didik baru, pengembangan perpustakaan, penyelenggaraan kegiatan pembelajaran kemudian ekstra kurikuler.
 
Kemudian pelaksanaan kegiatan asesmen juga evaluasi pembelajaran, pelaksanaan administrasi kegiatan sekolah, pengembangan profesi guru serta tenaga kependidikan hingga pembayaran honor.
 
Oleh akibat itu, Bayu mengimbau agar seluruh wilayah di dalam Bengkulu dapat segera merealisasikan anggaran dana BOS yang mana telah lama disediakan oleh pemerintah untuk peningkatan kualitas pendidikan.
 
"Kami terus mengimbau agar pemerintah di tempat seluruh wilayah di area Bengkulu untuk segera memanfaatkan anggaran bantuan operasional sekolah dari pemerintah pusat, agar dapat meningkatkan kualitas dunia lembaga pendidikan di area wilayah kerja KPPN Bengkulu," ujar dia.
 
Selain itu, pihaknya juga menegaskan agar organisasi perangkat tempat (OPD) dapat mematuhi aturan yang tersebut berlaku, menjaga integritas lalu meyakinkan penyaluran dana sesuai peraturan.
 
Berikut pagu dana BOS di area Bengkulu, yaitu Provinsi Bengkulu sebesar Rp140,55 miliar, Daerah Bengkulu Selatan Rp28 miliar, Wilayah Bengkulu Utara Rp49,81 miliar, dan juga Kota Rejang Lebong Rp42,80 miliar.
 
Lalu, Perkotaan Bengkulu sebesar Rp64,38 miliar, Kota Kaur Rp23,78 miliar, Wilayah Seluma Rp30,45 miliar, Kota Mukomuko Rp32,58 miliar, Kota Lebong Rp18,23 miliar, Kota Kepahiang Rp21,62 miliar, serta Kota Bengkulu Tengah Rp19,86 miliar.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *