Kemenperin sebut utang “rafaksi” minyak goreng akan dibayar

Market14 Dilihat

IDN Bisnis Jadi berdasarkan masukan dari Kejaksaan Agung, BPDPKS serta semua ‘stakeholder’

Jakarta – Kementerian Pertambangan menyampaikan pemerintah akan membayar utang selisih biaya atau "rafaksi" minyak goreng untuk entrepreneur di tempat sektor tersebut.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika di area Jakarta, Senin, menyatakan tindakan itu berdasarkan rapat yang dijalankan dengan Kementerian Koordinator Lingkup Kemaritiman serta Pengembangan Usaha (Kemenko Marves), dan juga instansi lain yang terkait dengan penyelesaian utang rafaksi.

"Tadi disepakati juga ditetapkan oleh Pak Menko seperti itu," katanya.

Dirinya mengungkapkan realisasi waktu penyelesaian selisih utang minyak goreng belum bisa saja dipastikan, namun meskipun demikian menurutnya penyelesaian rafaksi bisa jadi lebih besar baik bila direalisasikan di waktu dekat. "Makin cepat, makin bagus,"

Adapun menurutnya tindakan pembayaran rafaksi itu turut berdasarkan masukan dari Kejaksaan Agung, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), lalu instansi lain yang mana terkait dengan pembayaran rafaksi.

"Jadi berdasarkan masukan dari Kejaksaan Agung, BPDPKS juga semua 'stakeholder'," katanya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman kemudian Pengembangan Usaha Luhut Binsar Pandjaitan menekankan komitmen pemerintah untuk memenuhi pembayaran utang selisih harga jual atau rafaksi minyak goreng terhadap para pedagang.

“Kita semua pejabat pemerintah ini harus mengingat pedagang, kalau begini kan kasihan penjual itu. Ini adalah kan harusnya jadi modal dia, jadinya berhenti berputar. Itu kan juga punya dampak yang dimaksud lumayan. Kita harus pahami itu, mereka itu kan juga modalnya terbatas,” ujar Luhut pada waktu mengawasi Rapat Kesepahaman Pembayaran Rafaksi Minyak Goreng di area Jakarta, Senin.

Pada kesempatan tersebut, Menko Luhut memohonkan konfirmasi Kejaksaan Agung terkait aspek hukum kewajiban pembayaran utang pemerintah tersebut.

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *