Kementan dorong petani muda garda terdepan konstruksi pertanian

Market27 Dilihat

Ibukota – Kementerian Pertanian (Kementan) menggalakkan juga memfasilitasi bertumbuhnya usaha tani (agripreneur) yang dimaksud di jalankan oleh generasi muda sehingga mampu berubah jadi garda terdepan di pembangunan dalam sektor pertanian.

“Tentu kami menyokong bertumbuhnya perniagaan tani yang digunakan di jalankan oleh generasi muda sehingga sanggup menjadi garda terdepan penyelenggaraan pertanian,” kata Kepala Biro Humas lalu Pengetahuan Publik Kementan Kuntoro Boga Andri di informasi pada Jakarta, Sabtu.

Kuntoro menyampaikan bahwa pihaknya telah dilakukan menerima kunjungan para Duta Petani Muda perwakilan seluruh provinsi di dalam Indonesia, yang digunakan merupakan kegiatan tahunan dari Badan Penyuluhan dan juga Penguraian Sumberdaya Individu Pertanian (BPPSDMP) di dalam Gedung Pusat Berita Agribisnis (PIA) Kementan pada Hari Jumat (3/5).

Menurut Kuntoro, pemerintah berazam di mengawal regenerasi petani melalui upaya menjadikan pertanian sebagai globus usaha atau perusahaan yang digunakan strategis lalu menguntungkan.

“Kita optimistis bukanlah cuma dari aspek budidaya di dalam hulu, tapi sampai hilir, dia duta petani muda juga sangat menguasai perubahan pascapanen sampai pemasaran. Mereka luar biasa menguasai aspek usaha pertanian secara utuh dan juga petani-petani muda seperti ini yang kita harapkan ke depan," ujar Kuntoro.

Kuntoro menegaskan program-program yang digunakan ada pada Kementerian Pertanian melalui kegiatan penyiapan regenerasi petani sudah ada banyak menyentuh anak muda Negara Indonesia juga harus dimasifkan terus. Petani yang hadir hari ini menurutnya mewakili beragam kesempatan usaha kemudian komoditas yang ada dalam sektor pertanian.

"Program dari Kementan untuk regenerasi petani ini tidak hanya saja berjalan dalam level institusi belajar serta pelatihan tetapi juga secara langsung untuk penerima kegunaan kegiatan pertanian pemerintah dalam beragam daerah. Dan saya meninjau mereka (duta petani polbangtan) memiliki pondasi berubah menjadi agripreneur salah satunya bagaimana mengembangkan ide-ide kegiatan bisnis pertanian," jelasnya.

Kuntoro berharap pengalaman dan juga pengetahuan yang digunakan dimiliki para duta tani terpilih ini dapat ditularkan terhadap generasi muda lainnya sehingga mampu berubah jadi aksi sama-sama di mengembangkan usaha tani yang digunakan menguntungkan.

"Mudah-mudahan mereka itu mampu menularkan pengalaman, menularkan ide-ide terhadap petani-petani lain ke daerahnya lalu duta petani dari 36 provinsi ini saya pikir bisa saja berubah jadi cikal akan datang majunya pertanian modern kita ke depan," jelas Kuntoro.

Kuntoro meminta-minta para duta tani muda mengedepankan prinsip kolaborasi dan juga menguatkan jejaring di mengembangkan industri pertanian.

Menurutnya, ketika ini menjadi kesempatan penting bagi Indonesia untuk menjadikan kembali pertanian sebagai sektor prioritas di pembangunan.

"Kami berpesan untuk petani muda yang mana hadir bahwa untuk berubah jadi sukses itu memang benar tidak ada mudah, tetapi para pemenang adalah yang mana dapat mengalahkan bermacam hambatan juga rintangan. Sekali lagi kegiatan bisnis pertanian sangat potensial, sangat prospektif kalian sanggup berhasil dengan masih inovatif, semangat, kemudian permanen persisten (gigih) bekerja," ucap Kuntoro.

Artikel ini disadur dari Kementan dorong petani muda garda terdepan pembangunan pertanian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *