Kenapa Kompetisi 1 Indonesia Harus Menggunakan VAR?

Berita Olahraga70 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir mengungkapkan bahwa penerapan Video Assistant Referee (VAR) pada Kejuaraan 1 Indonesia akan ditunda. Alasannya ketersediaan sumber daya manusia, yakni wasit pendukung, masih mengalami keterbatasan.

Pada awalnya, teknologi VAR ini akan diterapkan pada musim kompetisi 2023/2024, tepatnya pada Februari 2024. Namun, Erick menjelaskan, ketersediaan wasit menghasilkan penerapan teknologi VAR di dalam Indonesia belum sepenuhnya siap. Oleh dikarenakan itu, kata dia, kemungkinan VAR belum sanggup diterapkan pada Kompetisi 1 musim 2023-2024. 

“Mesin VAR telah siap tetapi SDM wasitnya belum siap dikarenakan ada kekurangan 12 hingga 18 pendukung perwasitan,” kata Erick pada Padang, Rabu, 6 Maret 2024.

Pria yang digunakan juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengatakan, PSSI masih harus melatih wasit VAR. Tetapi, beliau menjamin pasca pelatihan dan juga pembekalan itu, pertandingan-pertandingan Kompetisi 1 akan menggunakan VAR guna menjamin kompetisi yang dimaksud sehat serta profesional. Dia juga memperkirakan bahwa VAR akan diterapkan pada pada waktu Championship Series Turnamen 1 pada Mei mendatang..

Lantas, kenapa Kejuaraan 1 Indonesia menggunakan VAR? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Tingkatkan Tingkat Liga

PT Turnamen Indonesia Baru (LIB) melakukan uji coba pengaplikasian VAR pada laga resmi pertandingan final Elite Pro Academy (EPA) U-20 di area Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Kamis, 7 Maret 2024. Teknologi itu diuji coba di laga Persis Solo melawan Persita Tangerang, sebelum digunakan secara resmi sepenuhnya pada kompetisi sepak bola Kompetisi 1 lalu Kompetisi 2.

Adapun Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan alasan pemakaian VAR dalam Turnamen 1 Indonesia adalah untuk meningkatkan kualitas liga sepak bola profesional di dalam Indonesia. Dia menyebutkan keberadaan VAR akan menghasilkan bidang sepak bola Tanah Air berprogres ke arah yang tersebut lebih lanjut baik.

“Bagi saya, dengan digunakannya VAR, kualitas liga akan semakin baik, dengan demikian akan semakin baik juga bidang sepak bola kita. Pemain akan semakin baik juga mainnya. Dia tahu semua terjaga dengan baik,” kata Erick, melalui keterangan tertulis, Minggu, 18 Februari 2024.

Melansir dari laman Olympics, VAR adalah sistem wasit berbantuan teknologi yang mana diadakan dengan tujuan untuk membantu wasit di area lapangan di menyebabkan tindakan yang digunakan akurat pada saat-saat penting pertandingan sepak bola. Tim VAR memantau pertandingan dari jarak jarak jauh di tempat berbagai layar serta miliki akses real-time ke rekaman video pertandingan melalui berbagai sudut kamera.

Sebelumnya, uji coba VAR tahap ketiga di area Indonesia sudah dilaksanakan pada Lapangan JSI, Megamendung, Bogor, pada Sabtu, 17 Februari 2024. Dalam kesempatan itu, delapan kamera dipasang di dalam beberapa jumlah titik lapangan pada pertandingan klub Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal. 

Pada uji coba itu, wasit kemudian asisten wasit juga melakukan simulasi operator tayang ulang yang tersebut digunakan sebagai pertimbangan pada keputusan-keputusan penting. Hal itu meliputi pengambilan langkah gol sah atau tiada sah, pengecekan penalti atau bukan penalti, kemungkinan pelanggaran berpotensi kartu warna kekuningan atau kartu merah, lalu kesalahan pengidentifikasian oleh wasit utama atau hakim garis.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha mengungkapkan VAR sudah ada dapat diaplikasikan ketika Kejuaraan 1 memasuki Championship Series pada 4-26 Mei 2024. Tisha menjelaskan pada waktu ini penerapan VAR dalam Indonesia masih harus melalui beberapa tahap, salah satunya tahap persetujuan juga penilaian terakhir wasit dan juga asisten wasit VAR yang tersebut diberikan oleh FIFA.

“Untuk yang bertugas masih akan menanti persetujuan dari FIFA sebagai penilaian terakhir untuk merek (wasit) kemudian melakukan pertandingan uji coba. Rencananya, FIFA akan hadir di dalam di lokasi ini antara 1 hingga 8 Maret untuk mengamati latihan terakhir kesiapan di tempat batch 1 (wasit) ini,” kata Tisha.

RADEN PUTRI

Pilihan Editor: Laga Persib Bandung vs Persija Ibukota Indonesia di dalam Turnamen 1 Tanpa Penonton, Hal ini Reaksi Bojan Hodak

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *