Kesepakatan MRA bukti kepercayaan penanam modal terhadap WIKA

Berita Olahraga63 Dilihat

IDN Bisnis kegunaan jangka panjang adalah membuka WIKA untuk mampu memanfaatkan peluang, mengatur kembali operasionalnya untuk tujuan efisiensi biaya

Jakarta –

Pengamat perbankan juga praktisi sistem pembayaran Arianto Muditomo menyatakan kesepakatan Master Restructuring Agreement (MRA) akan berdampak positif terhadap debitur PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Menurutnya, kesepakatan ini akan meringankan beban keuangan, menunjukkan kepercayaan investor, juga pada jangka pendek akan meningkatkan kekuatan struktur keuangan perseroan.

“Sedangkan, faedah jangka panjang adalah membuka WIKA untuk mampu memanfaatkan peluang, mengatur kembali operasionalnya untuk tujuan efisiensi biaya, meninjau ulang kompetensi intinya untuk tujuan meningkatkan daya saing, lalu menangkap prospek proyek-proyek baru,” ujar Arianto pada waktu dihubungi ANTARA di area Jakarta, Kamis.

Arianto menyebutkan upaya restrukturisasi WIKA merupakan langkah tepat sebagai upaya menyehatkan keuangan perusahaan, mencapai stabilitas keuangan, kemudian meningkatkan daya saing meskipun tetap memperlihatkan terdapat beberapa risiko dan juga ketidakpastian.

“Persetujuan MRA dari seluruh kreditur sangat penting bagi WIKA untuk menjaga stabilitas keuangan, meningkatkan kepercayaan investor, meningkatkan kekuatan daya saing, dan juga membuka potensi baru,” ujar Arianto.

Sementara itu, pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto mengungkapkan skema MRA merupakan jalan meninggalkan bagi PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) untuk memperbaiki permasalahan keuangan yang digunakan dihadapi.

Dengan disepakatinya MRA, menurutnya, masing- masing pihak punya landasan kuat untuk memverifikasi kedudukan utang WIKA, sehingga langkah penyelesaian utang sanggup ditarget kemudian dimonitor dengan baik.

“Skema MRA ini, sanggup jadi alternatif bagus buat WIKA di menyelesaikan utang yang dimaksud mereka itu miliki,” ujar Toto.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *