Prestasi manufaktur RI capai ekspansi pada 31 bulan berturut-turut

Market36 Dilihat

IDN Bisnis Perbaikan lebih banyak lanjut pada performa sektor manufaktur dapat dijalankan salah satunya dengan memperluas kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk semua sektor industri.

Jakarta – Kemampuan manufaktur Indonesia mencatatkan ekspansi selama 31 bulan berturut-turut, menurut Menteri Industri Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ekspansi yang dimaksud signifikan khususnya disebabkan oleh lonjakan arus permintaan baru yang tersebut mencapai rekor tertingginya sejak Agustus 2023. Hal itu teristimewa didorong oleh permintaan domestik, meskipun pemasaran pada lingkungan ekonomi internasional menurun. Kenaikan permintaan baru ini memacu pabrik-pabrik untuk meningkatkan produksinya.

Menurut Menperin Agus, peningkatan tambahan lanjut pada performa sektor manufaktur dapat dijalankan salah satunya dengan memperluas kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk semua sektor industri. HGBT ini merupakan kebijakan penyediaan nilai gas diskon bagi lapangan usaha yang mana telah berlangsung sejak 2020 namun belaka terbatas di tempat tujuh sektor lapangan usaha saja. Harga gas ditetapkan maksimal enam dolar Negeri Paman Sam (1 dolar Amerika Serikat = Rp15.909) per jt unit termal Inggris (MMBtu).

"Apabila semua sektor bidang mampu mendapatkan harga jual gas yang mana kompetitif, tentu akan memberikan efek berganda (multiplier effect) bagi perekonomian nasional dan juga mendongkrak daya saing komoditas bidang kita," kata Agus.

Agus menilai kebijakan ini telah dilakukan memberikan sejumlah dampak positif seperti peningkatan penerimaan pajak, peningkatan investasi, ekspor, hingga penurunan subsidi untuk pupuk. Kementerian Manufaktur RI merekomendasikan sekitar 140 perusahaan untuk dapat mengambil bagian memperoleh kegunaan kebijakan gas diskon ini. 

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *