KKP penghargaan operasi bulan ‘Zero Tolerance’ pada waktu bulan Ramadhan

Market22 Dilihat

IDN Bisnis Zero tolerance bahan tambahan berbahaya yang disebutkan bukan boleh ada di produk-produk perikanan.

Jakarta – Kementerian Kelautan serta Perikanan (KKP) mengelar operasi pengawasan gabungan terhadap unsur tambahan pangan berbahaya lalu importasi ikan yang tidaklah sesuai peruntukan di tempat Provinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, lalu Jawa Timur selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

 
Pelaksana Pekerjaan Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan kemudian Perikanan (PSDKP) KKP Pung Nugroho Saksono di pernyataannya, di area Jakarta, Senin, mengungkapkan operasi pengawasan yang mana bernama 'Bulan Zero Tolerance' bahan pangan berbahaya dan juga ikan impor yang mana bukan sesuai peruntukan” ini dilakukan, untuk menegaskan terhadap para pelaku bahwa tidaklah ada toleransi terhadap tindakan pemberian unsur tambahan pangan berbahaya seperti formalin kemudian boraks dan juga tindakan perdagangan ikan impor yang dimaksud tidak ada sesuai peruntukan.

 

"Zero tolerance bahan tambahan berbahaya yang disebutkan tidaklah boleh ada di hasil perikanan," ucapannya pula.

 

Larangan pemanfaatan komponen baku tambahan makanan lalu unsur penolong yang dimaksud dapat membahayakan kondisi tubuh manusia telah dilakukan diatur secara tegas pada UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Untuk itu, ia telah terjadi memerintahkan jajarannya untuk memberikan perhatian khusus terhadap masuknya ikan impor yang tiada sesuai peruntukannya apalagi ikan impor yang tersebut berformalin.

 

“Salah satu fokus perhatian kami sebagai pengawas perikanan adalah menjamin hasil perikanan bebas dari material tambahan pangan berbahaya,” kata beliau pula.

 

Bersama Tim Jejaring Ketenteraman Pangan Daerah yang dimaksud terdiri dari Dinas Keselamatan Pangan Provinsi juga Kabupaten, Dinas Kelautan lalu Perikanan, Badan Pengawas Penyelesaian dan juga Makan (BPOM), dan juga Badan Pengendalian lalu Pengawasan Mutu Hasil Kelautan serta Perikanan KKP, operasi pengawasan ini serentak diadakan selama bulan Ramadhan, tepatnya dimulai tanggal 19 Maret hingga 4 April 2024 pada pasar-pasar tradisional dan juga toko-toko modern yang dimaksud mengirimkan lalu memasarkan barang perikanan.

 

Pada ketika gelar kejuaraan operasi pengawasan, dijalankan pula edukasi terhadap pelaku usaha untuk dapat menjamin keamanan hasil perikanan melalui pemasangan stiker larangan pemakaian formalin sebagai materi tambahan pangan, khususnya pada barang olahan perikanan.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *