KKP salurkan bantuan untuk orang yang terdampar erupsi Gunung Ruang

Bisnis16 Dilihat

Ibukota – Kementerian Kelautan lalu Perikanan (KKP) menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam erupsi Gunung Ruang, Wilayah Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

 
“Secara bertahap bantuan akan terus kami salurkan melalui unit pelaksana teknis (UPT) KKP. Mudah-mudahan dapat membantu memenuhi keinginan warga yang tersebut terdampak musibah,” ujar Menteri Kelautan dan juga Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pada siaran pers KKP yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Bantuan yang disebutkan sebagai permintaan unsur pokok, obat-obatan, pakaian, keinginan ibu hamil kemudian bayi hingga komoditas perikanan.
 
KKP memanfaatkan kantor unit pelaksana teknis (UPT) yang mana berada dalam Provinsi Sulawesi Utara lalu sekitarnya sebagai posko tanggap bencana.
 
Adapun UPT KKP yang mana terjun segera ke lapangan diantaranya Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung, BPPMHKP Manado, BPPP Bitung, Politeknik KP Bitung, PSDKP Bitung, PSDKP Tahuna, BPSPL Manado dan juga BPBAT Tatelu. KKP juga turut menurunkan taruna taruni untuk membantu warga individu yang terjebak terdampak bencana alam.
 
KKP juga menerjunkan Kapal Hiu 15 dan juga Orca 6 yang digunakan telah terjadi berhasil menyelamatkan dengan evakuasi 57 warga warga dari Pulau Tagulandang ke Minahasa Utara lalu Bitung.
 
Usai evakuasi, KKP melalui BPPP Bitung serta Politeknik KP Bitung melakukan traumatik healing untuk mengatasi gangguan mental psikologis para korban yang tersebut telah dimulai sejak Selasa (7/5).
 
Sekretaris Ditjen Perikanan Tangkap Trian Yunanda memaparkan bantuan yang diserahkan berasal dari internal unit kerja dan juga sumbangan para pegawai KKP pusat juga daerah.
 
Tercatat KKP mengemukakan 5.000 ikan tuna kaleng, 150 kg ikan beku, 1.170 kg beras, 155 kardus mie instan, gula 150 kg juga akan terus bertambah dan juga beberapa permintaan pokok lainnya termasuk sayur dan juga ikan untuk masyarakat.

Melalui Para Penyuluh bersatu Tim Pusat di lapangan, KKP pada waktu ini juga berada dalam melakukan pendataan nelayan di dalam tempat kejadian pengungsian kemudian pada jangka menengah akan disalurkan bantuan terdiri dari sarana penangkapan ikan terdiri dari alat tangkap juga mesin kapal juga bantuan benih ikan.

 

Artikel ini disadur dari KKP salurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Ruang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *