Komisi VII DPR dorong proyek jargas segera rampung demi pupuk nasional

Bisnis7 Dilihat

Hal ini harus sinergi satu identik lain, bukanlah hanya saja antar-BUMN, melainkan antar-kementerian

Jakarta – Komisi VII DPR mendorong Kementerian Energi lalu Narasumber Daya Mineral (ESDM) segera merampungkan proyek pipa jaringan gas (jargas) nasional agar dapat memasok gas secara merata juga memenuhi keperluan lapangan usaha pupuk nasional.

“Kami berada dalam menggali kendala-kendala dari (Kementerian) ESDM mengenai gas. Ini adalah harus sinergi satu serupa lain, tidak semata-mata antar-BUMN, melainkan antar-kementerian,” ujar Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi di keterangannya yang mana diterima di dalam Jakarta, Jumat.

Bambang memaparkan bahwa substansi baku untuk memproduksi pupuk adalah gas alam, sehingga distribusi gas yang dimaksud merata merupakan kunci untuk menggalang ketersediaan pupuk nasional.

Ketika bertemu dengan manajemen PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (17/4), Bambang mengemukakan bahwa pabrik pupuk yang dimaksud mengaku kesulitan mendapat pasokan unsur baku gas.

“Di area Sumatera, pasokan gas memang benar bermetamorfosis menjadi persoalan, padahal ke area Jawa Timur, produksi gas itu surplus,” kata Bambang.

Oleh lantaran itu, ia menggalakkan Kementerian Energi serta Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk segera menuntaskan proyek jargas nasional demi merawat terpenuhinya permintaan gas alam bagi para pelaku bidang pupuk.

“Ini (proyek jargas nasional) kan salah satu kegiatan Kementerian ESDM untuk menyalurkan gas dari Timur ke Barat,” kata dia.

Lebih lanjut, terhadap Pusri, Bambang memohonkan produsen pupuk yang disebutkan agar mampu memaksimalkan pasokan gas yang tersebut diperolehnya.

“Sebab, beberapa lini produksi perusahaan pupuk ke Nusantara memang benar harus revitalisasi untuk memperoleh jumlah agregat produksi yang tersebut ditargetkan,” kata Bambang.

Perluasan jaringan gas bumi merupakan upaya untuk meningkatkan pemanfaatan energi domestik kemudian ramah lingkungan menuju target net zero emission (NZE).

Selain itu, beban subsidi impor energi dapat dikurangi, yang mana salah satunya dengan kolaborasi beraneka pihak pada pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

Artikel ini disadur dari Komisi VII DPR dorong proyek jargas segera rampung demi pupuk nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *