KONI Sumut yakin tembus lima besar di tempat PON XXI/2024

IDN Bisnis Medan – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara merasa yakin kontingen Sumatera Utara mampu menembus lima besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis di area Medan, Selasa, mengungkapkan bahwa untuk mencapai target itu pihaknya telah lama mematangkan persiapan menghadapi PON melalui pemusatan latihan tempat (pelatda) jangka panjang untuk 1.119 atlet dari 56 cabang olahraga.

Dari total atlet yang mana mengikuti pelatda jangka panjang tersebut, tercatat sebanyak 70 atlet masuk kategori elite atau super prioritas. Mereka adalah atlet yang digunakan meraih medali emas pada kejurnas tahun 2022 juga 2023.

Sementara ada 165 atlet yang masuk kategori prioritas yang merupakan atlet peraih perak dan juga perunggu di tempat beberapa kejurnas yang tersebut disertai tahun 2022 lalu 2023.

Pihaknya berharap atlet yang masuk kategori super prioritas serta prioritas yang disebutkan dapat terus meningkatkan kemampuannya, oleh sebab itu merekalah yang tersebut akan menjadi tumpuan bagi Sumatera Utara untuk mendulang emas pada PON.

"Paling tidaklah kalau 30 persen semata dari 235 atlet yang masuk kategori super prioritas juga prioritas dapat meraih emas, tentunya kita bisa jadi bersaing dalam papan melawan di tempat PON mendatang. Artinya untuk lima besar dalam PON mendatang kita yakin sanggup menembusnya," katanya.

Memang, lanjut dia, kalau pada waktu ini PON digelar, tiga besar diprediksi akan diraih oleh DKI Jakarta, Jawa Timur juga Jawa Barat yang tersebut memang sebenarnya miliki atlet penghuni Pelatnas serta rata-rata miliki kualitas cukup baik.

Selain ketiga area itu, juga yang perlu menjadi perhatian adalah Papua yang digunakan pada PON terakhir menjadi tuan rumah, Jawa Tengah kemudian Bali yang mana belakangan ini kemajuan olahraga prestasinya tumbuh cukup pesat.

"Artinya untuk mampu tembus lima besar akan sangat berbagai pesaing kita. Tapi dengan kemampuan yang ada pada waktu ini kita yakin mampu menembusnya. Tentunya untuk mampu masuk lima besar itu kita harus kerja lebih banyak keras lagi," katanya.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *