KPU Jabar optimistis pleno Pemilihan Umum 2024 diserahkan pada Hari Senin waktu malam

Market28 Dilihat

IDN Bisnis Bandung –

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat Ummi Wahyuni menyatakan optimistis hasil rapat pleno rekapitulasi serta penetapan hasil pemilihan umum 2024 dalam Jabar bisa jadi diserahkan ke KPU RI pada Ibukota pada Mulai Pekan malam.

"Senin waktu malam ini akan segera dikirimkan hasil pleno-nya. InSya-Allah kalau sempat KPU Jabar akan dengan segera mengikuti rekap nasional di area KPU RI," ujar Ummi di area kantor KPU Jabar, Bandung, Senin.

Di Ibukota Indonesia nanti, Ummi mengungkapkan pihaknya akan menjelaskan kenapa pleno yang digunakan sedianya dijadwalkan pada tanggal 6-10 Maret 2024, harus molor sampai lebih tinggi dari sepekan.

Untuk mengejar ketertinggalan, Ummi mengungkapkan KPU Jabar akan segera dengan segera mengambil bagian rapat pleno tingkat nasional waktu malam ini juga.

"Kemarin kan sempat tertunda, serta kita mengawaitu Wilayah Bekasi yang digunakan mana satu kecamatan Tambun Selatan punya TPS berjumlah 1.222 yang dimaksud merupakan terbanyak se-Indonesia hingga memproduksi keterlambatan. Tapi kita pastikan hari ini kita selesaikan serta berangkat ke DKI Jakarta untuk mengikuti rekapitulasi," tuturnya.

Dia menerangkan, hari Mulai Pekan ini, KPU Jabar sedang menggeber finalisasi hasil rapat pleno rekapitulasi kata-kata serta penetapan hasil pemilihan raya 2024, dengan target akan segera selesai.

"Alhamdulillah semalam telah selesai kemudian hari ini kita melanjutkan untuk finalisasi rekapitulasi tingkatan DPR RI, DPD, sampai DPRD provinsi dan juga Pilpres," ucap Ummi.

Sebelumnya, KPU Jabar telah dilakukan menetapkan hasil perhitungan pernyataan pemilihan presiden pada pemilihan umum 2024 di area Jabar, rekapitulasi pendapat mencatat Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1 mendapatkan 9.099.674 suara.

Sedangkan, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 meraih 16.805.854 pendapat kemudian Ganjar Pranowo-Mahfud md nomor urut tiga (3) meraih 2.820.995 suara.

KPU Jabar juga telah terjadi menetapkan hasil rekapitulasi kata-kata untuk DPD RI yang tersebut menempatkan Alfiansyah Komeng sebagai calon senator dengan pendapat terbanyak yakni 5.399.699 suara, disusul oleh Aanya Rina Casmayanti dengan 1.976.561 suara, Jihan Fahira dengan 1.823.907 suara, juga Agita Nurfianti 1.168.837 suara.

Meski ada nama lainnya yang meraih pernyataan di dalam menghadapi satu jt seperti mantan Pimpinan Daerah Garut yang mana kontroversial Aceng Fikri dengan 1.128.912 suara, dan juga Amang Syarifudin dengan 1.108.516 suara, hanya sekali empat nama yang tersebut berhak menjadi senator Jabar di dalam Senayan.

Untuk pemanfaatan hak pernyataan di area Jawa Barat, adalah sebanyak 29.438.041 pemilih dengan rincian laki-laki 14.235.711 orang, perempuan 15.115.173 orang lalu pemilih disabilitas sebanyak 56.607 orang.

Selanjutnya, KPU masih mendiskusikan dan juga akan menetapkan hasil rekapitulasi untuk Pileg DPR RI, dan juga Pileg DPRD Provinsi Jawa Barat.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *